Memiliki rumah dengan interior yang bagus menjadi impian semua orang. Selain interior, kerapian rumah juga menjadi hal penting bagi pemiliknya karena bisa menambah kesan estetik dan indah.

Untuk itu, banyak orang kerap memanfaatkan setiap area atau spot sekecil apapun dengan baik agar rumah terlihat makin rapi dan fungsional. Tak terkecuali area di ruang tamu.

Ruang tamu menjadi salah satu ruangan terpenting di rumah, karena berfungsi sebagai tempat berkumpul keluarga dan menerima tamu.

Namun, seringkali sudut ruang tamu menjadi ruang kosong yang tidak terpakai. Padahal, sudut ruang tamu bisa dimanfaatkan menjadi ruang yang fungsional dan menarik.

Berikut sejumlah tips memanfaatkan sudut ruang tamu kosong yang bisa jadi inspirasi.

1. Area Membaca

Salah satu hal yang bisa dimanfaatkan pada sudut ruang tamu, yakni dengan menjadikan sebagai tempat membaca yang nyaman.

Cukup meletakkan sofa minimalis dan meja kecil. Lalu, tambahkan rak untuk menyimpan koleksi buku kamu. Selain itu, gunakan lampu lantai biar bisa membaca dengan lebih nyaman.

2. Lemari Koleksi

Jika senang mengoleksi barang-barang anti-mainstream seperti piringan hitam, action figure, keramik, atau karya seni lainnya, Anda bisa memanfaatkan sudut ruang tamu yang kosong sebagai tempat pajangan.

Caranya sederhana. Cukup meletakkan dalam lemari kaca untuk memajang koleksi-koleksi tersebut supaya ruangan terlihat lebih menarik.

3. Tempat Bersantai

Berikutnya, Anda bisa memanfaatkan sudut ruang tamu yang kosong sebagai tempat bersantai yang nyaman.

Untuk konsep ini, Anda cukup menggunakan kursi gantung dan sofa recliner, serta tambahkan bantal dan selimut. Tentu ini akan menjadi tempat yang sempurna untuk melepas penat.

4. Jadikan Wall Gallery

Sudut ruang tamu yang kosong juga dapat diubah menjadi wall gallery menarik. Konsep ini menjadi cara yang bagus untuk memperindah ruang tamu.

Caranya, cukup memasang beberapa rak gantung dinding atau memasang hiasan dinding dengan karya seni maupun bingkai foto. Namun, hindari memasang terlalu banyak hiasan biar tidak terlihat sumpek.

5. Tempat Kerja

Tren kerja dari rumah atau Work From Home (WFH) menjadi hal yang lumrah semenjak pandemi Covid-19 melanda 2020 silam. Meski saat ini semua aktivitas sudah bisa dilakukan di luar rumah, namun beberapa pekerjaan kantor masih diperbolehkan dilakukan dari rumah.

Untuk memanfaatkan sudut ruang tamu sebagai tempat kerja, Anda cukup memakai meja berukuran sedang dan kursi kantor yang nyaman, serta lampu lantai. Sebagai tambahan, taruh lemari kabinet kecil di samping meja untuk menyimpan berbagai dokumen.

Itu dia cara mudah memanfaatkan sudut ruang tamu yang kosong dan membuatnya jadi lebih cantik. Anda pun bisa menemukan berbagai perlengkapan berkualitas untuk mendekorasi sudut ruang tamu hanya di ruparupa.com.

Selain perabotan, situs belanja online satu ini juga menjual peralatan rumah tangga lain yang berkualitas dari merek-merek ternama lainnya.

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia.com