Menu diet tidak selalu mahal. Bahkan, menu diet murah anak kos juga mulai bermunculan.

Diet biasanya dianggap mahal. Bukan tanpa alasan, karena kebanyakan berpatokan pada diet catering yang dibanderol dengan harga jutaan.

Padahal, diet bisa dilakukan dengan murah meriah. Anda cukup memasak makanan bergizi, hasil berburu di pasar yang sehat, enak, tapi murah dan cocok untuk makanan diet sehari-hari.

Menu diet murah anak kos
Sebagai anak kos dengan keuangan yang pas-pasan, Anda tak perlu khawatir jika ingin memiliki berat badan ideal. Singkirkan mi instan yang dimakan dengan nasi setiap hari, sudah saatnya beralih ke makanan sehat dengan harga yang cukup terjangkau.

Anda juga hanya butuh alat masak dan kompor kecil. Tapi jika tidak ada, cukup menggunakan magic com sebagai alat masak serba guna di kamar kos, untuk memulai diet sehat dan murah yang anda lakukan.

Berikut beberapa resep menu diet murah anak kos yang simpel tapi tetap sehat:

1. Sayur oyong bening
Salah satu makanan enak dan sehat yang bisa dimasak dengan mudah, murah dan praktis adalah sayur oyong. Selain praktis, sayur oyong juga memiliki kandungan gizi yang cukup. Mulai dari serat, berbagai macam vitamin dan tentunya mengenyangkan.

Untuk satu porsinya, rata-rata sayur oyong ini hanya mengandung sekitar 44 kilo kalori sesuai dengan perhitungan di Fatsecret. Memasaknya pun mudah, bisa dilakukan di magic com yang biasa Anda gunakan untuk menanak nasi.

Untuk harganya, dua buah oyong ukuran sedang bisa untuk 5 hingga 6 porsi hanya dibanderol Rp7000 saja. Sebagai Anak kos, Anda tentu tinggal sendiri, maka dua batang oyong ini bisa untuk lima kali makan dengan hanya merogoh kocek kurang dari Rp10 ribu.

2. Sayur bening bayam
Sama dengan oyong, bayam juga bisa jadi menu diet anak kos yang murah dan sehat. Satu ikat bayam biasanya dibanderol Rp1500 hingga Rp2000 saja. Satu ikat bayam ini bisa dikonsumsi hingga tiga kali makan.

Sementara kandungan kalori untuk setiap mangkoknya hanya ada di kisaran 86 kkal. Memasaknya pun mudah, cukup direbus di magic com dan dicampur dengan berbagai bumbu sesuai selera.

3. Tahu bacem
Bosan dengan sayuran. Anda bisa beralih ke tahu yang dimasak bacem. Tahu adalah salah satu protein nabati dengan rasa enak dan murah.

Untuk enam potong tahu kuning dengan ukuran sedang dibanderol Rp5000 saja. Memasaknya pun mudah, lagi-lagi tidak perlu kompor dan wajan, cukup merebusnya bersama bumbu bacem di dalam magic com.

Setiap porsi tahu bacem ini juga hanya mengandung 153 kkal.

4. Pepes tahu
Satu porsi pepes tahu hanya mengandung 63 kkal. Pepes tahu cukup mudah dibuat. Bisa dimasak menggunakan magic com di kamar kos. Anda juga tak perlu khawatir karena pepes tahu 100 persen tidak menggunakan minyak.

Itulah menu diet murah anak kos. Semua menu ini bisa dimasak tanpa minyak, tanpa kompor, tanpa wajan. Semua hanya membutuhkan magic com yang biasa dipakai untuk menanak nasi.

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia.com