Asupan sehari-hari memengaruhi kesehatan penis sekaligus ereksi. Simak rekomendasi makanan agar ereksi lebih kuat dan tahan lama.

Disfungsi ereksi jadi momok menakutkan bagi para pria. Hanya saja, studi menyebut pria yang banyak makan buah-buahan sitrus dan minum anggur merah rendah risiko disfungsi ereksi.

Studi yang diketuai oleh Profesor Aedin Cassidy berkata ini jadi studi pertama yang mengaitkan flavonoid dan disfungsi ereksi.

“Pria yang rutin mengonsumsi makanan tinggi flavonoid ini lebih kecil kemungkinannya menderita disfungsi ereksi. Dalam jumlah, kita berbicara hanya beberapa porsi dalam seminggu,” ujar Cassidy seperti dilaporkan Men’s Health.

Satu studi ini membuktikan diet harian berkaitan dengan kesehatan penis terutama soal ereksi. Oleh karenanya, berikut rekomendasi makanan agar ereksi lebih kuat dan tahan lama.

1. Bawang bombay dan bawang putih
Kandungan allicin yakni fitokimia pada bawang bombay dan bawang putih mampu mengencerkan darah dan meningkatkan sirkulasi darah. Kandungan ini pun mengurangi risiko penggumpalan dan penyumbatan.

2. Pisang
Ereksi yang kuat perlu jantung yang sehat. Berikan pasokan potasium yang cukup agar jantung bisa bekerja optimal.

Potasium akan membantu menjaga kadar natrium terkendali sehingga tekanan darah tidak mencapai puncak. Tidak suka pisang? Potasium bisa diperoleh dari jeruk plus kulitnya dan kentang dengan kulitnya.

3. Semangka
Selain menyegarkan kerongkongan dan perut, ternyata semangka juga ‘menyegarkan’ penis. Komponen pada buah punya fungsi kurang lebih serupa dengan obat disfungsi ereksi.

4. Bayam
Perkaya asupan dengan sayuran hijau terutama bayam. Mengapa? Bayam banyak mengandung asam folat yang bermanfaat buat fungsi seksual pria.

Dalam 185 gram bayam mengandung 77 persen kebutuhan harian asam folat. Asam folat mampu menguatkan aliran darah yang penting buat ereksi. Selain itu bayam juga mengandung banyak magnesium yang merangsang aliran darah dan meningkatkan kadar testosteron.

5. Apel
Mulai sekarang, sebaiknya konsumsi apel berikut kulitnya. Apel, terutama bagian kulitnya, mengandung senyawa aktif asam ursolat.

Seperti dilansir dari Healthline, sebuah riset laboratorium mencatat bahwa asam ursolat bisa ‘membuat lapar’ sel kanker prostat dan mencegahnya tumbuh.

6. Alpukat
Bentuk alpukat yang mirip testis memang berhubungan dengan manfaat yang diberikannya. Bahkan suku Aztec menamai alpukat dengan kata yang berarti testis sekitar tahun 500 SM.

Hal ini tidak sepenuhnya aneh sebab alpukat banyak mengandung vitamin E yang mampu meningkatkan kualitas sperma pada pria infertilitas. Alpukat seberat 150 g akan memberikan 21 persen asupan vitamin E harian.

7. Cabai
Mungkin ini jadi kabar baik buat pecinta santapan pedas. Kandungan capsaicin pada cabai rupanya memberikan manfaat berkaitan dengan ranjang.

Capsaicin akan menstimulasi pusat kesenangan di otak sehingga berpotensi meningkatkan mood dan memberikan efek afrodisiak.

8. Kacang-kacangan
Sebaiknya sediakan kacang-kacangan sebagai camilan di sela makan berat. Kacang-kacangan seperti walnut mengandung arginin yakni, asam amino yang diperlukan tubuh untuk membentuk oksida nitrat.

Oksida nitrat akan melemaskan otot vaskular yang memberikan suplai darah saat terangsang. Saat aliran darah lancar plus pembuluh darah melebar, ereksi pun kuat.

9. Tomat
Tomat mengandung tinggi nutrisi dan bermanfaat buat kesehatan seksual, kesuburan, dan kesehatan prostat pria.

Tomat memberikan kandungan likopen yakni antioksidan berwarna merah yang berkaitan dengan sperma yang lebih sehat. Vitamin C pada tomat juga meningkatkan konsentrasi sperma pada pria sehat.

Kandungan likopennya membuat konsumsi tomat berhubungan dengan penurunan risiko kanker prostat.

Itulah rekomendasi makanan agar ereksi lebih kuat dan tahan lama.

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia.com