Lemon kerap digunakan dalam masakan dan untuk memberi rasa asam alami. Kalau punya sisa lemon bisa diolah dengan 5 cara ini agar tak kering dan membusuk.

Lemon merupakan buah citrus yang banyak digunakan du tuk memasak sehari-hari. Biasanya untuk memarinasi ikan atau seafood, saus salad, hingga campuran minuman segar.

Sebagian orang yang menggunakan lemon kerap bersisa dan di Dimakan di dalam kulkas. Sisa lemon ini bisa mengering dan justru tak bisa digunakan lagi.

Dilansir dari Food NDTV  Selasa (6/6), ada berbagai cara mengolah sisa lemon agar kembali bermanfaat. Mulai dari dijadikan limun hingga salad dressing.

Berikut 5 cara mengolah sisa lemon:

1. Dijadikan Limun

Sisa lemon yang masih banyak sebenarnya bisa disimpan dalam wadah kedap udara agar tetap segar. Namun, kamu juga bisa mengolahnya menjadi limun.

Peras jeruk lemon itu dan ambil jusnya. Jika perlu saring hingga bersih. Selanjutnya campurkan dengan gula atau madu untuk perasa manis.

Simpan limun itu di dalam stoples dan biarkan dingin di kulkas. Kamu bisa mengambilnya sedikit jika ingin minum segelas air lemon yang segar, bisa juga menambahkan es batu dan air soda.

2. Saus Salad

Salad bisa dinikmati dengan berbagai saus. Lemon juga bisa dijadikan saus salad Yang rasa dan aromanya asam segar.

Cara membuat saus salad dengan lemon ini sangat mudah. Kamu bisa menggunakan sisa jus lemon, kemudian ditambahkan minyak zaitun, sejumput garam, dan madu. Lalu, siram saus lemon ini ke atas salad yang segar.

3. Bumbu Marinasi

Sisa lemon yang banyak juga bisa dimanfaatkan kembali menjadi bumbu marinasi. Bumbu marinasi dari lemon ini bisa digunakan untuk menghilangkan aroma amis.
Kamu juga bisa memakainya untuk melunakkan daging dan ikan. Caranya dengan mencampurkan jus lemon bersama bawang putih dan rempah. Biarkan daging atau ikan terendam beberapa jam agar meresap sebelum dimasak.

4. Penambah Rasa Minuman

Kamu bisa menjadikan sisa lemon sebagai penambah rasa pada minuman. Iris lemon tipis-tipis dan tambahkan ke dalam botol berisikan air putih. Kemudian, simpan dalam kulkas hingga dingin agar terasa segar ketika dinikmati.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan irisan sisa lemon ini ke dalam racikan teh hangat atau es teh. Irisan lemon ini juga bisa dibekukan dan sajikan sebagai es batu.

5. Pembersih Alami

Tips menggunakan lemon untuk keperluan dapur dan masakan.
Lemon diketahui memiliki sifat antibakteri alami yang dapat digunakan untuk membersihkan peralatan dapur. Cara menggunakan sisa lemon untuk membersihkan peralatan dapur ini juga praktis.

Taburkan sedikit garam pada potongan lemon sisa dan gosokkan ke peralatan dapur yang kotor. Bisa digunakan untuk membersihkan talenan, menghilangkan noda meja, oven, teko listrik, dan lainnya.

Sifat asam pada lemon juga dapat melarutkan minyak dan kotoran pada wajan atau alat makan yang kotor. Tak hanya itu, tapi lemon juga meninggalkan aroma segar dan bersih.

Editor: PARNA

Sumber: detik.com