Wakil Presiden Republik Indonesia K.H Ma’ruf Amin mengakhiri kunjungan kerja (kunker) di Kepri dengan berkunjung ke Pulau Penyengat, Tanjungpinang, Kamis (8/6/2023).

Wapres Ma’ruf Amin didampingi Wury Ma’ruf Amin, Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad dan Hj. Dewi Kumalasari Ansar. Perjalanan menuju Pulau Penyengat ditempuh menggunakan kapal Kepri 01 dari VIP Pelabuhan Sri Bintan Pura.

Di pulau religi dan bersejarah ini wapres dan gubernur langsung berziarah ke makam Raja Ali Haji. Wapres memimpin jalannya doa bersama serta menaburkan bunga di atas pusara.

Wapres juga menyempatkan untuk berkeliling area makam yang merupakan komplek pemakaman keluarga kerajaan. Terdapat bangunan yang berisi makam Engku Putri dan Raja Haji Abdullah serta istrinya yang merupakan anggota Kerajaan Riau-Lingga di masa silam.

Dari sini wapres dan gubernur bergegas ke Balai Maklumat Kebudayaan Melayu Pulau Penyengat selanjutnya menuju Masjid Raya Sultan Riau Penyengat.

Wapres mengaku terpukau dengan peninggalan situs-situs yang sangat bersejarah di Pulau Penyengat. Ia merasa para raja-raja Kerajaan Riau Lingga di zaman dulu sungguh hebat karena bisa membangun pusat peradaban Melayu di Kepri.

“Saya meminta situs-situs bersejarah ini harus dijaga kelestariannya sehingga Penyengat bisa menjadi salah satu daerah wisata religi di Indonesia maupun di dunia. Saya yakin akan berdampak kepada ekonomi syariah di Kepri,” kata Wapres Ma’ruf Amin.

Wapres Ma’ruf Amin juga sangat sangat terkesan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sejarah, budaya, dan spiritualitas di Pulau Penyengat.

“Banyak ilmu dan sejarah yang dapat diambil dari kunjungan ini. Warisan sejarah yang masih terjaga dan terpelihara dengan baik,” ungkapnya.

Wapres berharap kepada pemprov dan masyarakat Kepri untuk bersama-sama menjaga kelestarian budaya di Pulau Penyengat.

“Menjaga kelestarian budaya merupakan suatu hal yang wajib kita lakukan, dengan mengenalkan peninggalan budaya asli daerah kepada masyarakat luar maka kebudayaan tersebut akan terus terjaga dengan baik dan tidak hilang ditelan kemajuan zaman,” tegasnya.

Gubernur Ansar mengaku berterima kasih karena Wapres Ma’ruf Amin dan rombongannya mau mengunjungi Pulau Penyengat yang juga merupakan salah satu destinasi wisata di Tanjungpinang.

“Selamat datang di Pulau Penyengat, salah satu daerah wisata religi di Kepulauan Riau. Seperti yang selalu diistilahkan masyarakat, tidak sah berkunjung ke Kepri jika tidak berkunjung ke Pulau Penyengat,” kata Gubernur Ansar.

Editor: PARNA