Tak hanya obat, sejumlah ramuan herbal diabetes yang tidak pahit juga bisa membantu mengatur kadar gula darah.

Faktanya, ramuan teh tertentu bermanfaat bagi penderita diabetes dan membantu meningkatkan kontrol gula darah, mengurangi peradangan, dan meningkatkan sensitivitas insulin, di mana semua hal tersebut penting untuk mengelola diabetes.

Apalagi, minum teh tanpa pemanis dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Tetap terhidrasi dengan baik juga berpengaruh untuk setiap proses tubuh, termasuk regulasi gula darah.

Berikut beberapa ramuan herbal diabetes yang tidak pahit untuk mengembalikan kadar gula kembali normal.

1. Teh ginseng
Tak dimungkiri ginseng memiliki beberapa manfaat kesehatan. Ginseng telah digunakan untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, fungsi sistem saraf pusat (SSP), menghilangkan stres, dan aktivitas antioksidannya.

Teh ginseng yang dikonsumsi secara segar konon dikatakan bisa menjadi penangkal diabetes.

2. Teh lidah buaya
Teh lidah buaya merupakan ramuan yang datang dengan banyak manfaat kesehatan. Menurut jurnal Aloe vera: An Ancient Herb for Modern Dentistry, lidah buaya berkontribusi pada kesehatan yang bagus, baik dalam bentuk mentah maupun saat direbus.

Anda hanya perlu menghilangkan getahnya dan mengambil daging buahnya. Setelah itu rebus dalam air dan minum air rebusannya setiap pagi.

3. Teh sage
Jurnal yang diterbitkan dalam International Journal of Molecular Science menyebut konsumsi sage secara teratur berkontribusi pada regulasi glukosa darah, profil lipid, dan aktivitas transaminase pada manusia.

Minum teh sage, salah satu ramuan herbal diabetes yang tidak pahit, setiap pagi dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

4. Teh hibiscus
Kelopak bunga hibiscus kering yang direbus dalam air mengandung antioksidan dan membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Sebuah makalah yang mempelajari efek teh asam atau rosella pada hipertensi pada pasien diabetes tipe 2 menyatakan bahwa mengonsumsi teh hibiscus memiliki efek positif pada tekanan darah pada pasien diabetes tipe 2 dengan hipertensi ringan.

5. Teh kayu manis
Tak hanya nikmat di lidah, kayu manis rupanya juga membawa banyak manfaat kesehatan, terutama bagi mereka yang menderita diabetes.

Menurut makalah yang diterbitkan oleh University of Maryland, teh ini membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan kadar kolesterol.

6. Teh lemon
Sebuah makalah yang diterbitkan oleh National Library of Science menyatakan bahwa aktivitas antioksidan lemon balm membantu mengurangi glukosa darah.

Konsumsi teh lemon secara teratur dapat membantu melawan peradangan dalam tubuh, yang merupakan efek samping umum dari diabetes.

7. Teh kunyit
Mengonsumsi teh kunyit secara teratur telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan. Teh kunyit dapat mencegah peradangan dalam tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, mengontrol diabetes dan juga baik untuk kesehatan jantung.

Penelitian telah membuktikan bahwa kunyit dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah serta komplikasi terkait diabetes lainnya.

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia.com