Debu jadi salah satu polutan yang muncul saat kualitas udara sedang buruk. Untuk mencegah risiko yang tidak inginkan, coba konsumsi minuman pembersih paru-paru dari debu berikut ini.

Debu dan polusi tengah menghantui langit Jakarta dan sekitarnya. Hal ini bisa dibuktikan dengan perhitungan kualitas udara di Jakarta yang masuk kategori buruk.

Sementara udara yang buruk bisa merusak paru-paru. Untuk itu, penting bagi Anda agar menjaga paru-paru tetap sehat.

Minuman pembersih paru-paru dari debu
Pada dasarnya, paru-paru dirancang untuk membersihkan dirinya sendiri melalui berbagai mekanisme.

Mengutip Medicine Net, cara paru-paru membersihkan diri bisa melalui berbagai cara. Mulai dari memproduksi lendir hingga refluks batuk yang biasanya datang tiba-tiba.

Selain mempercayakan semuanya pada paru-paru, Anda juga bisa membantu dari luar. Hal ini dilakukan agar proses pembersihan paru-paru dari debu bisa lebih cepat.

Salah satu caranya dengan mengonsumsi minuman pembersih paru-paru dari debu berikut ini:

1. Madu dan air hangat
Campuran madu dan air hangat bisa mendetoksifikasi tubuh dan melawan efek polutan.

Menukil Times Now News, madu memiliki sifat anti-inflamasi. Hal ini bisa membantu tubuh membersihkan infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan.

2. Teh hijau
Teh hijau kaya antioksidan. Hal ini bisa membantu mencegah atau mengurangi peradangan paru-paru.

Anda bisa mengonsumsi 2-3 cangkir teh hijau per hari. Teh hijau bisa dinikmati di pagi hari dan setelah makan malam.

3. Air kayu manis
Kayu manis mengandung banyak antioksidan dan memiliki khasiat anti-inflamasi. Kedua hal ini bisa membantu mengurangi peradangan di paru-paru hingga menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

Penelitian juga telah menunjukkan bahwa manfaat anti-inflamasi dan antioksidan ini baik bagi penderita kanker paru-paru sebelum dan sesudah perawatan.

4. Campuran jahe dan kunyit
Kunyit dianggap sebagai makanan super yang bersifat anti-inflamasi, antioksidan, anti-kanker, dan anti-toksik. Mengutip Herzindagi, mencampur kunyit dan jahe bisa membuang racun dari tubuh, sekaligus melindungi organ dari kerusakan akibat polusi udara.

5. Smoothie apel, wortel, dan bit
Buah dan sayuran merupakan sumber nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Campuran apel, wortel, dan bit yang dijadikan smoothie bisa jadi minuman detoks yang bisa mencegah asma. Smoothie satu ini juga bisa jadi minuman pembersih paru-paru Anda dari debu.

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia.com