Penggunaan bahasa sangat penting dalam kehidupan baik untuk sehari-hari, pendidikan, hingga bisnis atau pekerjaan. Setiap negara menggunakan bahasa yang berbeda-beda sesuai dengan budaya dan sejarah negaranya. Tapi bahasa mana yang tersulit dipelajari?

Menurut Ethnologue, terdapat lebih dari 7.100 bahasa yang digunakan di dunia. Bahasa dengan penutur terbanyak adalah bahasa Inggris dan Mandarin dengan lebih dari 1 miliar penutur.

Di antara banyaknya bahasa yang ada di dunia, beberapa dinilai sulit dipelajari karena rumitnya penulisan dan karakter bahasanya.

Bahasa Mana yang Paling Sulit?

Dikutip dari USA Today, bahasa Mandarin Chinese, diberikan predikat sebagai bahasa yang paling sulit untuk dipelajari.

Pusat Bahasa Asing Institut Pertahanan Amerika Serikat turut menempatkan Mandarin ke dalam kategori IV, yaitu daftar bahasa yang paling sulit dipelajari bagi penutur bahasa Inggris.

Kesulitan yang dimiliki oleh Mandarin karena sistem tulisannya yang menggunakan karakter sehingga sulit dipahami bagi yang sudah terbiasa menggunakan alfabet Latin.

Chinese Learning Institute turut mengungkap bahwa Mandarin memiliki lebih dari 100.000 karakter dalam bahasanya. Namun, untuk fasih berbahasa Mandarin kita hanya perlu menguasai sekitar 3.000 karakter.

Selain itu, bahasa Mandarin menjadi sulit dipelajari karena merupakan bahasa nada, yang makna katanya dipengaruhi oleh nada.

Kendati berbagai bahasa juga menggunakan nada untuk memperjelas kalimatnya, tetapi hal itu tidak membuat bahasa Mandarin menjadi bahasa yang berdasar nada.

iChineseLearning memberi contoh daftar nada Mandarin dengan kata ‘ma’. Perbedaan penggunaan nada dapat menimbulkan makna yang berbeda karena kata tersebut dapat berarti ibu, mati rasa, kuda, atau mengutuk

FluentU juga mengungkapkan bahasa Mandarin memiliki lima nada, yaitu nada pertama (nada datar), nada kedua (nada naik), nada ketiga (nada turun naik), nada keempat (nada turun), dan nada kelima (nada netral).

Dengan nada dan karakter yang sangat banyak tersebut, bahasa Mandarin menjadi bahasa yang paling sulit dipelajari di dunia.

Bahasa Paling Mudah Dipelajari

Berkebalikan dengan bahasa Mandarin, terdapat bahasa yang dinilai mudah dipelajari di dunia. Bahasa tersebut adalah bahasa Spanyol.

Berdasarkan beberapa faktor yang diungkapkan oleh Busuu dan Jumpspeak, bahasa Spanyol diberi predikat sebagai bahasa yang paling mudah untuk dipelajari karena alasan berikut.

Penilaian dari Busuu:

– Ejaan: Sangat mudah

– Pengucapan: Sangat mudah

– Tata bahasa: Agak mudah

Penilaian dari Jumpspeak:

– Berbicara: Sangat mudah

– Tata bahasa: Sangat mudah

– Menulis: Mudah

– Secara keseluruhan: Sangat mudah

Aspek yang Memengaruhi Pembelajaran Bahasa

Dr. Cindy Blanco, ahli ilmu pembelajaran senior di Duolingo, menyampaikan beberapa aspek yang berpengaruh dalam pembelajaran bahasa, antara lain:

1. Makna dalam belajar bahasa

Makna yang berbeda dalam mempelajari bahasa dapat menimbulkan hasil yang berbeda pula. Pasalnya, ketika kita belajar untuk liburan maka pembelajaran kita akan lebih sedikit dibandingkan belajar untuk pendidikan.

2. Kesulitan bahasa adalah hal yang bersifat subjektif

Blanco menyebutkan saat kita mempelajari bahasa baru maka kita akan melakukan transfer apa yang kita ketahui pada bahasa pertama kita ke bahasa kedua, ketiga, dan seterusnya. Hal ini mencakup gerakan tangan, bahasa tubuh, bunyi, norma budaya, dll.

3. Motivasi dan peluang di sekitar

Blanco berpendapat ketika kita mempelajari bahasa disekitar orang fasih menggunakan bahasa tersebut akan memudahkan kita untuk mempelajarinya.

Selain itu, motivasi yang kita miliki juga berperan penting dalam menentukan tingkat kesulitan bahasa.

Editor:  PARNA

Sumber: detik.com