Cara menurunkan berat badan yang berlebih bisa dilakukan dengan berbagai cara, termasuk menjaga pola makan. Ada beberapa kebiasaan makan sehat untuk membantu menurunkan berat badan yang bisa Anda coba terapkan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa pola makan adalah komponen penting untuk menurunkan berat badan. Sulit rasanya mencapai berat badan dambaan hanya dengan berolahraga.

Mengubah pola makan jadi lebih sehat bisa menjadi tantangan tersendiri bagi beberapa orang. Namun, Anda bisa memulai dengan kebiasaan-kebiasaan sederhana.

Setelah terbiasa, kebiasaan sederhana itu dengan sendirinya bisa masuk ke dalam rutinitas harian.

1. Menyingkirkan gangguan saat makan
Teralihkan perhatian saat makan adalah kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Menurut studi, mereka yang mendengarkan musik saat makan ditemukan mengonsumsi lebih banyak makanan dibandingkan dengan mereka yang tidak mendengarkan musik.

Distraksi membuat seseorang kehilangan fokus, hingga makan pun jadi lebih banyak dari yang dibutuhkan. Hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

2. Tidak makan larut malam
Makan larut malam tidak hanya berbahaya bagi kesehatan, tetapi juga dapat berdampak buruk pada kemajuan penurunan berat badan.

Kebanyakan ngidam larut malam membuat seseorang melahap makanan berkalori tinggi, yang pada gilirannya memengaruhi tidur dan menambah berat badan.

Inilah sebabnya mengapa sebagian besar ahli merekomendasikan untuk makan malam lebih awal dan tidur tepat waktu.

3. Memperhatikan porsi yang dimakan
Memeriksa berapa banyak porsi yang dimakan sama pentingnya dengan mengawasi jenis makanan yang dimasukkan ke dalam tubuh.

Makanan padat nutrisi sekali pun, jika dikonsumsi berlebihan dan tanpa memperhatikan jumlah kalorinya, maka tetap dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

4. Menyeimbangkan makanan
Pola makan yang bersahabat dengan penurunan berat badan seharusnya tidak membuat Anda kehilangan nutrisi penting. Karena itulah, diet yang memangkas asupan makanan tertentu sebenarnya kurang direkomendasikan.

Anda yang ingin menurunkan berat badan harus belajar untuk menyeimbangkan makanan. Artinya, piring makanan harus mengandung protein, lemak, serat, sayuran, dan karbohidrat kompleks, yang semuanya diperlukan untuk perkembangan tubuh yang sehat.

5. Mengunyah dengan benar
Meski terdengar membosankan karena sering keluar dari mulut orang tua, metode ini sangat penting dalam hal penurunan berat badan.

Tidak hanya membantu makan secara perlahan, mengunyah dengan benar juga membantu memperhatikan jumlah makanan yang dimakan, sehingga mengurangi asupan kalori dan membantu penurunan berat badan.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa mereka yang memiliki masalah berat badan cenderung mengunyah makanan lebih sedikit daripada orang dengan berat badan normal.

6. Tidak memesan makanan dari luar
Tidak ada yang lebih sehat dan lebih ramah terhadap penurunan berat badan selain menyantap makanan rumahan.

Usahakan, untuk menyantap 50 persen makanan sehari-hari di rumah.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan di rumah cenderung mengonsumsi hampir 200 kalori lebih sedikit daripada mereka yang secara teratur makan di luar.

7. Lebih sering makan seafood
Mengutip Eat This Not That, seafood adalah salah satu makanan yang paling aman untuk menurunkan berat badan. Bukan hanya karena kandungan proteinnya yang tinggi, tetapi juga karena makanan ini kaya akan asam lemak omega-3, yang menurut penelitian dapat membantu merasa kenyang lebih lama.

Ahli diet mengatakan bahwa semua makanan laut dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Salmon mengandung omega-3 yang mengenyangkan. Sementara udang tidak hanya rendah kalori, tapi juga merangsang produksi hormon pengurang rasa lapar yang disebut CCK.

Ahli merekomendasikan untuk menambahkan seafood ke dalam menu makanan Anda setidaknya dua hingga tiga kali seminggu.

8. Makan protein saat sarapan
Banyak orang meninggalkan waktu sarapan saat diet lantaran takut berat badannya naik. Padahal, sarapan merupakan waktu makan terpenting. Baiknya, sarapan dengan asupan protein yang cukup.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa protein bisa membantu menurunkan berat badan, bahkan dapat mengatasi obesitas.

9. Makan makanan dari piring sambil duduk di meja
Mengutip WebMD, makanan yang dimakan dari kemasan dan sambil berdiri akan mudah terabaikan. Anda bisa menyantapnya dengan porsi yang lebih banyak daripada jika Anda duduk dan secara sadar menikmati makanan yang dilahap.

10. Mulai hari dengan sarapan
Sarapan merupakan waktu makan yang paling penting dalam sehari-hari. Setelah istirahat malam yang panjang, tubuh membutuhkan bahan bakar untuk menjalankan metabolisme dan memberi energi sepanjang hari.

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia.com