Ir Soekarno merupakan presiden pertama Indonesia yang dikenal dengan kemampuan berorasi yang hebat. Lewat orasi dan pidatonya, ia mampu mengobarkan semangat masyarakat untuk memperjuangkan kemerdekaan.

Tepat di tanggal kelahirannya pada 6 Juni ini, ada banyak quotes atau kata-kata bijak Soekarno yang inspiratif dan menggugah semangat untuk kembali dikenang.

Menurut catatan sejarah dalam buku 55 Tokoh Dunia Yang Terkenal & Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarah (2018), Soekarno muda telah berkeinginan memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia agar terbebas dari segala bentuk penjajahan.

Hingga akhirnya pada 17 Agustus 1945, Soekarno didampingi Moh. Hatta membawa bangsa Indonesia mencapai kemerdekaannya lewat pembacaan proklamasi.

Kata-Kata Bijak Soekarno
Dirangkum dari buku The Power of Social and Emotional Intelligence (2017) dan sumber lainnya, berikut kata-kata bijak Soekarno.

1. “Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu. Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, darpada makan bistik tetapi budak.”
2. “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.”
3. “Berikan aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.”
4. “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.”
5. “Jadikanlah deritaku ini sebagai kesaksian, bahwa kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat. Dan di atas segalanya adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.”
6. “Janganlah mengira kita semua sudah cukup berjasa dengan segi tiga warna. Selama ada ratap tangis di gubug-gubug pekerjaan kita.”
7. “Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian bahwa kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanya kekuasaan rakyat, dan di atas segalanya adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.”
8. “Jikalau aku misalnya diberikan dua hidup oleh Tuhan, dua hidup ini pun akan aku persembahkan kepada Tanah Air dan bangsa.”
9. “Itulah konsep nasionalisme yang didirikan Indonesia. Bukan orang Jawa, bukan orang Sumatra, bukan orang Kalimantan, Sulawesi, Bali, atau lainnya, tapi orang Indonesia yang bersama-sama menjadi fondasi satu kesatuan nasional.”
10. “Aku akan memuji apa yang baik, tak pandang sesuatu itu datangnya dari seorang komunis, Islam, atau seorang Hopi Indian.”
11. “Bangsa yang tidak percaya pada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.”
12. “Menaklukkan ribuan manusia mungkin tidak disebut pemenang, tapi bisa menaklukkan diri sendiri disebut penakluk yang brilian!”
13. “Gantungkan cita-citamu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang.”
14. “Belajar tanpa berpikir tidaklah berguna, tapi berpikir tanpa belajar sangatlah berbahaya.”
15. “Laki-laki dan perempuan adalah sebagai dua sayapnya seekor burung. Jika dua sayap sama kuatnya, maka terbanglah burung itu sampai ke puncak yang setinggi-tingginya. Jika patah satu daripada dua sayap itu, maka tak dapatlah terbang burung itu sama sekali.”

Itulah kumpulan kata-kata bijak Soekarno yang dikenal sebagai Bapak Proklamator sekaligus presiden pertama Republik Indonesia.

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia.com