Presiden Joko Widodo mengungkap arahan tertutup yang ia sampaikan saat hadir dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDIP di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin (6/6).

Dalam jumpa pers usai acara, Jokowi mengaku banyak berbicara soal tantangan yang akan dihadapi Indonesia ke depan. Terutama di tengah situasi kesulitan global mulai dari pangan, energi, hingga keuangan.

“Utamanya dalam kesulitan global yang sudah sering saya sampaikan. Berkaitan pangan energi, keuangan, dan adanya perang,” kata Jokowi.

Menurut dia, situasi harus diketahui bersama sehingga partainya, terutama bagi PDIP, jika kembali dipercaya mengelola negara ini, bisa mendesain rencana menghadapi itu semua.

“Nantinya ke depan diberikan kesempatan untuk mengelola negara ini, sehingga bayangan-bayangan yang tadi saya sampaikan paling tidak bisa dipersiapkan perencanannya,” ucap Jokowi.

Namun demikian, Jokowi mengungkap bahwa Indonesia memiliki peluang hingga 13 tahun ke depan untuk menjadi negara maju. Terutama karena Indonesia saat ini tengah mendapat bonus demografi.

Oleh karena itu, dia bilang PDIP juga harus mempersiapkan perencanaan menghadapi bonus demografi tersebut.

“Ini juga tentu saja akan lebih baik kalau perencanaan besarnya disiapkan mulai dari sekarang dalam Rakernas PDIP. Saya rasa itu,” kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri juga mengaku optimistis Indonesia akan menjadi negara maju bila bisa memanfaatkan bonus demografi tersebut hingga 2034. Megawati optimis Indonesia akan sejajar dengan negara-negara seperti Tiongkok, Amerika, hingga India.

“Kita yang dari negara berkembang dapat lompat, lompat menuju negara maju, bisa sama dengan India, Tiongkok, Amerika mungkin insya Allah kalau benar begitu kejadiannya, kita menjadi nomor empat,” ucap Megawati.

Namun, menurut Mega, langkah itu harus dilakukan bersama-sama, bukan hanya oleh Jokowi, Ganjar, atau dirinya.

“Karena bukannya Pak Jokowi, saya, Pak Ganjar atau siapa yang melakukannya, tapi harus seluruh bangsa. Dan tentunya semua bangsa Indonesia yang berada di manapun juga,” ucap Megawati.

Rakernas III PDIP digelar selama tiga hari mulai 6-8 Juni di sekolah partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Membawa tema ‘Fakir Miskin dan Anak Telantar Dipelihara Negara’, Rakernas dihadiri seluruh pengurus pusat PDIP, Kelompok kerja komisi PDIP di DPR, para kepala daerah PDIP, dan perwakilan dari PDIP tingkat daerah.

Editor: PARNA

Sumber:cnnindonesia.com