Presiden AS Joe Biden tersandung dan jatuh saat membagikan ijazah pada upacara wisuda Akademi Angkatan Udara AS di Colorado, Kamis (1/6).

Biden yang berusia 80 tahun itu terlihat dibantu oleh pejabat Angkatan Udara dan berjalan kembali ke kursinya. Sebelum jatuh, Biden berdiri sekitar satu setengah jam untuk berjabat tangan dengan 921 taruna yang lulus.

Direktur komunikasi Gedung Putih, Ben LaBolt, mengatakan “dia baik-baik saja”. “Ada karung pasir di atas panggung saat dia berjabat tangan,” tulis Ben LaBolt di Twitter setelah jatuh dikutip dari BBC.

Sebuah laporan pers Gedung Putih juga sebelumnya mengatakan bahwa Biden tersandung karung pasir hitam saat berjalan di atas panggung.

Rekaman insiden tersebut menunjukkan bahwa Biden tampak menunjuk ke karung pasir saat dia bangkit kembali. 

Dia terlihat berlari kembali ke iring-iringan mobilnya, tampaknya tidak terluka, saat upacara berakhir tak lama setelah kecelakaan itu.

Presiden tidak menjawab pertanyaan saat kembali ke pesawatnya. Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengatakan Biden merasa “benar-benar baik-baik saja” dan naik ke pesawat dengan “senyum lebar”.

Para kritikus mengatakan Biden terlalu tua untuk mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua sebagai presiden.

Jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan mayoritas pemilih AS mengkhawatirkan usianya yang lanjut. Dia akan berusia 82 tahun pada awal masa jabatan kedua jika dia menang.

Biden sebelumnya juga jatuh dair sepeda dan saat naik tangga Air Force One. Ini menambah kekhawatiran terhadap Biden selama ini.

Mantan Presiden Donald Trump, kandidat dari Partai Republik untuk menghadapi Biden dalam pemilihan Gedung Putih 2024, bereaksi terhadap insiden tersebut dari acara kampanye di Iowa, dengan mengatakan “semuanya gila”.

“Saya harap dia tidak terluka,” kata Trump, 76, yang sering mengolok-olok usia Biden. “Itu tidak menginspirasi.”

“Anda harus berhati-hati tentang hal itu karena Anda tidak-Anda tidak menginginkannya. Bahkan jika Anda harus berjinjit,” tambah Trump, tampaknya merujuk pada langkahnya yang berhati-hati dari panggung yang menjadi berita utama, pada tahun 2020.

Dia mengatakan pada saat itu jalan di Akademi Militer AS di West Point, New York, licin, dan menepis pertanyaan media berikutnya tentang kesehatannya sendiri sebagai berita palsu.

Pemeriksaan fisik terakhir Biden dilakukan Februari ini.

Dokter Gedung Putih Dr Kevin O’Connor menulis pada saat itu: “Presiden tetap fit untuk bertugas, dan sepenuhnya melaksanakan semua tanggung jawabnya tanpa pengecualian atau akomodasi apa pun.”

Editor: PARNA

Sumber: kumparan.com