Dalam bidang pendidikan, setiap orang tua tentu menginginkan yang terbaik bagi si buah hati. Tak heran, banyak orang tua yang rela merogoh kocek hingga ratusan juta, bahkan miliaran rupiah demi pendidikan yang didambakan untuk anaknya.

Di Jakarta sendiri ada deretan sekolah yang terkenal memiliki biaya tinggi. Berikut daftar sekolah termahal di Jakarta.

Umumnya, deretan sekolah ini memiliki label sebagai sekolah internasional yang menerapkan kurikulum luar negeri di setiap kegiatan belajar mengajar.

Tak tanggung-tanggung, biaya masuk sekolah internasional di Indonesia bisa mencapai Rp500 juta. Biaya yang ditawarkan tersebut tentunya sebanding dengan kualitas pendidikan dan fasilitas yang diberikan oleh sekolah.

Melansir berbagai sumber, berikut daftar sekolah termahal di Jakarta.

1. New Zealand School Jakarta (NZSJ)
NZSJ menerapkan kurikulum international baccalaureate (IB). Sekolah ini tidak terpaku dengan aspek akademik, serta menerapkan gaya belajar yang riang.

Salah satu aspek lain dalam pembelajaran di sekolah ini adalah penekanan integrasi dan kerja sama antarmurid.

Para siswa juga bisa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seperti berenang dan olahraga yang diadakan setiap seminggu sekali.

Berlokasi di Kemang, Jakarta Selatan, sekolah ini menerapkan kelas berukuran kecil yang hanya diisi maksimal 20 siswa. Di setiap kelas, ada dua pengajar, yakni guru utama dan guru pendamping, yang akan membimbing proses belajar murid.

Berikut total biaya sekolah di NZSJ:

Annual plan kelas 1-6: Rp201,5 juta
Half-year plan kelas 1-6: Rp209,5juta
Termly plan kelas 1-6: Rp217,5 juta

2. ACG School Jakarta

Sekolah yang berlokasi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini merupakan sekolah milik Academic Colleges Group yang berbasis di New Zealand.

ACG School Jakarta memberikan IB Primary Years Programme dengan kurikulum University of Cambridge International Examinations.

Adapun fasilitas sekolah memiliki standar internasional, meliputi auditorium, laboratorium, pusat teknologi, serta athletic track. Ada juga psikolog bersertifikat yang akan setia mendampingi siswa dalam menghadapi masalah sehari-hari.

Berikut ini beberapa rincian biaya sekolahnya:

SPP tingkat SD: Rp235-310 juta
SPP tingkat sekolah menengah: Rp320-324,5 juta
Biaya pembangunan: Rp37,6 juta
Biaya transport: Rp19,3 juta
Biaya english language support (ELS) setiap semester: Rp37 juta

3. Jakarta Intercultural School (JIS)
JIS juga masuk dalam jajaran sekolah dengan biaya pendidikan termahal di Jakarta.
Sekolah yang terletak di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan ini menerapkan kurikulum international baccalaureate (IB) dan advanced placement (AP).

JIS menawarkan fasilitas seperti studio seni, auditorium, laboratorium komputer, perpustakaan, ruang musik, laboratorium sains, kolam renang, dan lapangan tenis.

Berikut rincian biaya sekolah di JIS:

Uang masuk: Rp23,4 juta per tahun
Pendaftaran: Rp5 juta
Pengembangan sekolah: Rp59,6 juta per tahun
Uang sekolah: Rp178-692,9 juta per tahun.

Di samping itu, terdapat biaya transportasi sekolah yang mencapai Rp78,7 juta dan biaya tambahan lain untuk kegiatan sekolah. Contohnya, international sporting and cultural trips, ujian IB dan AP, LEAD Week, perjalanan yang berhubungan dengan mata pelajaran tertentu, instrumen musik, dan sebagainya.

4. British School Jakarta (BSJ)
Sekolah yang berlokasi di Bintaro, Jakarta Selatan ini dilengkapi dengan fasilitas mewah seperti lima lapangan tenis, kolam renang standar olimpiade, lapangan basket, lapangan voli, pusat kebugaran, studio seni, dan studio lari.

Sejak Januari 2019, BSJ telah bermitra dengan Massachusetts Institute of Technology dalam pengenalan pelatihan dan perangkat Compassionate System.

Dengan seluruh fasilitas yang ditawarkan, orang tua harus siap merogoh kocek yang sangat besar bahkan lebih dari Rp300 juta per tahunnya.

Berikut rincian biaya pendidikan di British School Jakarta:

Biaya pendaftaran sebesar Rp4 juta. Apabila diterima, wajib membayar uang jaminan sebesar Rp30 juta.

Siswa baru di kelas 12 dan 13 juga wajib membayar uang pendaftaran (untuk program IB) sebesar Rp30 juta.

Uang pembangunan untuk kelas 11-13: Rp55 juta per satu tahun

Pelunasan biaya sekolah dapat dilakukan per semester ataupun per tahun. Berikut rincian biayanya:

– Tingkat pendidikan 1 (kelas 1 dan 2): Rp309,5 juta per tahun
– Tingkat pendidikan 2 (kelas 3 hingga 6): Rp327,6 juta per tahun
– Tingkat pendidikan 3 (kelas 7 hingga 9): Rp375,3 juta per tahun
– Tingkat pendidikan 4 (kelas 10 dan 11): 375,3 juta per tahun

5. Binus School Simprug
Sekolah yang berlokasi di Simprug, Jakarta Selatan ini menerapkan jenjang pendidikan SD hanya sampai kelas 5 saja. Binus mendukung para siswa untuk memiliki pikiran terbuka dan kreativitas yang tinggi, karena menerapkan kurikulum IB.

Jika ingin memasukkan anak ke salah satu daftar sekolah termahal di Jakarta ini, orang tua harus menyiapkan total biaya dari masuk tingkat 1 hingga lulus sebesar Rp684 juta menurut data 2021. Biaya ini terdiri dari Rp144 juta uang pangkal dan biaya sekolah dari tingkat 1 hingga lulus sebesar Rp540 juta.

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia.com