Punya keinginan berkarier di dunia teknologi? Coba pertimbangan 10 profesi berikut ini. Pekerjaan ini dinilai paling menarik dan banyak diincar.

Itu berdasarkan survei Practicum Indonesia, platfrom global yang menyediakan layanan online bootcamp. Dalam survei yang dilakukan secara online mereka mendapatkan daftar profesi yang diminati bagi orang yang ingin beralih profesi di bidang teknologi.

10 Profesi di Bidang Teknologi Paling Diincar
1. Digital Marketing
Seorang digital marketer adalah seseorang yang ruang lingkup kerjanya berhubungan dengan segala hal di bidang digital marketing. Mereka bertanggung jawab atas branding produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Ia juga bertugas untuk meningkatkan brand awareness, traffic web, serta visibilitas perusahaan.

2. Data Analyst/Scientist
Seorang data analyst merupakan orang yang berperan dalam mengobservasi informasi perusahaan. Hasil dari analisis tersebut yang dibutuhkan oleh perusahaan sebagai bahan rujukan dalam mengambil langkah atau keputusan kedepannya

3. Website Developer
Web developer bertugas membangun website yang responsif di berbagai perangkat. Artinya, tampilan dan fungsi tersebut harus kompatibel sesuai ukuran layar. Tampilan desain yang adaptif dengan berbagai macam device bisa meningkatkan user experience, sehingga ada peluang mendorong conversion.

4. IT Support
Pada dasarnya, IT support adalah seorang teknisi di sebuah organisasi atau perusahaan yang bertanggung jawab untuk instalasi, evaluasi dan peningkatan terhadap tiga objek utama yaitu komputer, software, dan pengembangan sistem jaringan atau network system.

5. Software Developer
Software developer adalah seorang yang mengembangkan dan memelihara perangkat lunak yang digunakan di berbagai komputer. Pekerjaan utama software developer adalah mengembangkan berbagai komponen aplikasi yang sesuai dengan persyaratan yang diharapkan dari suatu produk.

6. Database Administrator
Database administrator adalah seseorang yang bertugas untuk menyimpan dan melindungi data dengan menggunakan software. Data yang dilindungi bisa bermacam-macam mulai dari data keuangan seseorang sampai juga riwayat transaksi pengiriman barang.

7. Product Manager
Product manager bertugas melakukan pengembangan produk dan bertanggung jawab atas keberhasilan produk tersebut. Biasanya profesi ini bertugas untuk menemukan ide-ide yang berbeda dalam menciptakan suatu produk.

8. Network Engineering
Network Engineer adalah nama sebuah pekerjaan (profesi) yang mempunyai tugas untuk mengurusi jaringan komputer/telekomunikasi di sebuah organisasi. Network Engineer akan dianggap berhasil ketika jaringan yang dikelolanya dapat berfungsi baik, stabil, dapat diakses/digunakan oleh user, dan mendukung tujuan organisasi.

9. Cyber Security
Cyber security merupakan upaya yang dilakukan untuk melindungi sistem komputer dari berbagai ancaman atau akses ilegal.

10.UI/UX Designer
Dengan kata lain, UI designer adalah orang yang mendesain tampilan antarmuka sebuah aplikasi atau perangkat. Secara teknis, antarmuka yang terdapat dalam UI designer berkaitan dengan grafis, tata letak, dan aspek desain fisik dari sebuah aplikasi. Sementara UX designer adalah orang yang mendesain pengalaman pengguna.

Editor: HER

Sumber: detiknews