Bagi traveler atau pelancong, kegiatan naik pesawat untuk pergi ke destinasi-destinasi favorit merupakan hal yang menyenangkan. Biasanya, para traveler pun sudah merasakan tiba di berbagai bandara di dunia.

Pemeriksaan di bandara merupakan proses yang mesti dijalani traveler. Petugas bandara akan melakukan pemeriksaan kepada setiap penumpang yang hendak menjalani penerbangan demi alasan keamanan.

Biasanya, pemeriksaan terhadap penumpang dilakukan dua kali. Dalam pemeriksaan di bandara tersebut, kamu harus melepas jam tangan dan ikat pinggang. Tahukah kamu apa alasan jam tangan dan ikat pinggang harus dilepas?

Mengacu pada Peraturan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Tahun 2010, tata cara keamanan penumpang, personel pesawat udara, dan barang bawaan yang diangkut harus melalui dua security check point.

Jadi, penumpang mesti menjalani pemeriksaan sebelum melakukan check in dan pemeriksaan lainnya sebelum melakukan boarding di bandara. Dalam peraturan tersebut diterangkan bahwa saat masuk area check-in, penumpang hanya diminta mencopot jaket dan topi.

Sementara ketika pemeriksaan sebelum boarding menjadi lebih ketat, di mana semua benda logam harus dilepas dan diletakkan pada wadah agar bisa diperiksa melalui mesin X-ray.

Apabila seluruh aksesori berlogam kamu telah dilepas dan metal detector pada tubuh masih berbunyi, bisa jadi sepatu kamu akan diminta untuk dicopot. Kalau masih berbunyi juga, akan dilakukan body check up di ruangan tertutup. Peraturan ini berlaku untuk siapa pun.

Tujuan dilakukan pemeriksaan itu tak lain demi keselamatan bersama. Logam harus dilepas supaya mempermudah proses pemeriksaan. Hal itu dilakukan untuk mencegah adanya penumpang tak bertanggung jawab yang membawa senjata atau barang berbahaya, dan bahan-bahan yang dapat dipakai melawan hukum.

Jika kamu tidak ingin merasa repot saat pemeriksaan di bandara, ada baiknya kamu menghindari memakai barang-barang sebagai berikut; ikat pinggang, perhiasan berbahan logam, jaket, sepatu yang sulit dilepas, dan pakaian terlalu longgar yang bisa dicurigai menyimpan sesuatu oleh petugas.

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia