Maskapai Air New Zealand menerapkan kebijakan yang tak lazim untuk para penumpangnya. Maskapai ini bikin aturan menimbang berat badan penumpang yang akan naik penerbangan mereka.

Ya, jadi bukan hanya bagasi yang akan ditimbang, tapi penumpang pesawatnya juga. Aturan ini sendiri baru akan diterapkan pada Juni 2023.

Seperti dikutip dari CNN, setiap penumpang bakal diminta menimbang berat badannya sebelum masuk ke pesawat. Tapi, kebijakan ini sebenarnya bentuknya sukarela.

Alasan Air New Zealand menerapkan kebijakan ini karena ingin menentukan berat rata-rata penumpang, yang nantinya disesuaikan dengan keseimbangan pesawat.

“Kami menimbang semua yang ada di dalam pesawat, mulai dari kargo, makanan sampai barang bawaan bagasi,” kata Spesialis Peningkatan Kontrol Muatan Air New Zealand, Alastair James.

Praktek kebijakan ini adalah dengan menimbang berat badan penumpang di pintu masuk ruang tunggu penerbangan di Bandara Internasional Auckland. Jangan khawatir, berat badan sang penumpang akan dirahasiakan.

“Kami tahu menginjak timbangan bisa jadi menakutkan. Kami ingin meyakinkan pelanggan kami bahwa tidak ada tampilan yang terlihat di mana pun. Tidak ada yang bisa melihat berat badan Anda, bahkan kami sekalipun,” kata James.

Dia menjelaskan, berat badan penumpang nantinya akan langsung masuk sistem, yang kemudian bakal dibaca pilot penerbangan. Air New Zealand membututuhkan setidaknya 10 ribu penumpang untuk berpartisipasi mengikuti survei ini, untuk melengkapi syarat dari Otoritas Penerbangan Sipil.

“Ini sederhana, sukarela dan akan membantu kami menerbangkan Anda dengan aman dan efisien setiap saat,” ucapnya.

Air New Zealand sebenarnya telah menjalankan kebijakan ini dalam penerbangan domestik pada 2021. Sekarang, maskapai ini mencoba menerapkan aturan ini untuk penerbangan ke luar negeri.

Di antara orang-orang yang mungkin diminta untuk ikut serta dalam survei ini adalah mereka yang bepergian dengan penerbangan langsung dari Auckland ke Bandara JFK Kota New York, Amerika Serikat.

Editor: PARNA
Sumber: cnnindonesia.com