Pesawat AirBus A220-300 menyambangi Indonesia dalam rangkaian tur demonstrasi di Asia Tenggara. Sederet keunggulan dimiliki pesawat penumpang ini.

Sebelum mendarat di Indonesia, AirBus A220-300 ikut berpartisipasi Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition (LIMA). Selanjutnya dari Jakarta akan terbang ke Bangkok untuk melakukan penerbangan demonstrasi ke Koh Samui.

AirBus A220 diklaim paling modern jika dibandingkan dengan pesawat lain pada kategori ukuran yang sama. Hadir dalam dua versi yakni varian -100 yang dapat mengangkut 100 hingga 130 penumpang dan varian -300 yang lebih besar dengan kapasitas 130 hingga 160 penumpang dengan tata letak kursi yang serupa.

Pesawat ini mampu menjangkau hingga 3.450 mil laut (6.400 km). Kemampuan tersebut memungkinkan maskapai melayani semua rute domestik di Indonesia secara point-to-point non-stop.

Pesawat ini juga dapat melayani rute internasional ke berbagai tujuan dengan lalu lintas tinggi seperti kota Sydney dan Melbourne di Australia, serta Mumbai dan Beijing.

A220 menghadirkan efisiensi konsumsi bahan bakar dan emisi karbon sebesar 25% jika dibandingkan dengan pesawat generasi sebelumnya dengan ukuran yang mirip. Pesawat ini ditenagai oleh mesin turbofan generasi terbaru Pratt & Whitney PW1500G.

Pesawat A220 memiliki kabin dan jendela terbesar, serta kursi terluas di kelasnya, menawarkan pengalaman terbang dengan kenyamanan penumpang yang unggul. Pesawat ini juga merupakan pelengkap yang ideal untuk armada dengan Keluarga Airbus A320.

Saat ini, A220-300 dioperasikan di kawasan Asia-Pasifik oleh Korean Air untuk layanan domestik dan internasional dengan total 10 pesawat. Maskapai Qantas dari Australia akan menjadi operator kedua di kawasan ini setelah menerima pengiriman pesawat pertamanya dari 20 pesawat A220 yang telah dipesan dalam rangka program pembaruan armada domestiknya.

Hingga saat ini, Airbus telah menerima 785 pesanan untuk A220 dan mengirimkan lebih dari 260 pesawat jenis ini kepada pelanggan. Di pasar Indonesia, Airbus telah memiliki posisi yang kuat dengan total sekitar 180 pesawat yang beroperasi.

Keluarga A320 dioperasikan oleh Batik Air, Citilink, Indonesia AirAsia, Pelita Air, Super Air Jet dan TransNusa, sementara Lion Air dan Garuda Indonesia menggunakan Keluarga A330 untuk layanan regional dan internasional.

Editor: PARNA

Sumber: detik.com