Selain hanya dimakan mentah secara langsung, buah tomat juga bisa dihaluskan dengan cara diblender dan dibuat jus, supaya makin enak untuk dikonsumsi.

Manfaat jus tomat sangat banyak untuk kesehatan tubuh kita. Pasalnya, buah tomat merupakan salah satu jenis buah-buahan yang kaya akan kandungan gizi, seperti mineral, vitamin, dan antioksidan.

Namun, pastikan kamu mengkonsumsinya secara tepat ya, detikers. Karena, penderita penyakit tertentu seperti ginjal, kurang dianjurkan untuk meminum jus tomat dalam jumlah banyak.

Untuk mengetahuinya secara lebih detail, simak penjelasan mengenai 8 manfaat jus tomat, lengkap dengan kandungan gizi, dan tips mengkonsumsinya berikut ini.

Kandungan Gizi dalam Jus Tomat
Mengutip laman Healthline, minum satu cangkir jus tomat (240 ml) dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh kita akan vitamin C dan memenuhi 22% kebutuhan vitamin A dalam bentuk alfa-karoten dan beta-karoten.

Lantas apa saja kandungan gizi di dalamnya? Berikut informasi kandungan gizi dalam 240 ml jus tomat:

Kalori: 41 kkal
Protein: 2 gram
Serat: 2 gram
Vitamin A: 22% dari kebutuhan harian tubuh
Vitamin C: 74%
Vitamin K: 7%
Tiamin (Vitamin B1): 8%
Niacin (Vitamin B3): 8%
Pyridoxine (Vitamin B6): 13%
Folat (Vitamin B9): 12%
Magnesium: 7%
Kalium: 16%
Tembaga: 7%
Mangan: 9%

Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan Tubuh
Dikutip dari laman detikHealth dan yankes.kemkes.go.id., berikut adalah penjelasan mengenai 8 manfaat jus tomat bagi kesehatan tubuh.

1. Baik untuk Kesehatan Jantung
Buah tomat mengandung beta karoten dan likopen yang berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Likopen merupakan zat berwarna merah yang paling banyak terdapat di buah tomat.

Senyawa tersebut berperan penting sebagai antioksidan dan mencegah radikal bebas penyebab penyakit. Sehingga, mengkonsumsi jus tomat dapat bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Mencegah Penyakit Kanker
Tomat merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan antioksidan. Kandungan tersebut dapat memberikan manfaat dalam melawan pertumbuhan radikal bebas penyebab tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

3. Kaya Antioksidan Tinggi
Seperti telah disebutkan sebelumnya, buah tomat mengandung antioksidan tinggi seperti beta-karoten dan likopen yang berperan besar dalam mengurangi risiko penyakit di tubuh kita.

Selain itu, antioksidan dan fitonutrien tersebut juga dapat melindungi tubuh kita dari radikal bebas dan kerusakan sel.

4. Melancarkan Pencernaan
Manfaat jus tomat selanjutnya adalah melancarkan sistem pencernaan. Buah tomat berperan dalam merangsang pergerakan usus dan mencegah terjadinya sembelit.

Tidak hanya itu, jus buah tomat juga mengandung banyak serat yang berfungsi sebagai pencahar ringan alami untuk melancarkan pencernaan.

5. Mencegah Pembekuan Darah
Kandungan tomat yang memiliki fitonutrien tinggi diketahui dapat mencegah penggumpalan sel trombosit yang tidak normal. Oleh karena itu, jus tomat cocok dikonsumsi bila kamu mengalami risiko pembekuan darah.

6. Detoksifikasi
Jus tomat dikenal sebagai salah satu jus detoks. Sebab, minuman sehat tersebut dapat membantu membuang racun dalam tubuh. Selain itu, kandungan tomat berupa klorin dan sulfur juga dapat membantu fungsi hati dan ginjal dalam melakukan proses detoksifikasi.

Hebatnya lagi, jus tomat juga mengandung potassium yang dapat mengurangi retensi air dan membantu tubuh mengeluarkan racun yang larut dalam lemak.

7. Membantu Menurunkan Kolesterol
Jus tomat memiliki kandungan serat yang tinggi. Sehingga, jus tomat bermanfaat dalam membantu memecah kolesterol LDL (kolesterol jahat). Selain itu, kandungan niasin di dalam tomat juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat tersebut.

8. Menjaga Kesehatan Mata
Manfaat jus tomat selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata. Pasalnya, jus tomat mengandung fitonutrien seperti beta-karoten, lutrin, dan zeaxanthin, dan Vitamin C yang dikenal dapat melindungi mata dari masalah penglihatan seperti degenerasi makula terkait usia dan katarak.

Efek Samping Minum Jus Tomat Berlebihan
Mengkonsumsi jus tomat memang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, dalam beberapa kondisi minum jus tomat yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping. Mengkonsumsi jus tomat secara berlebihan dapat menyebabkan beberapa efek samping.

Dikutip dari laman Pharm Easy, berikut beberapa efek samping jika mengkonsumsi jus tomat berlebihan.

– Meningkatkan Potassium Serum
Jus tomat mengandung potasium dalam jumlah yang tinggi. Sehingga, mengkonsumsi jus tomat secara berlebihan dapat meningkatkan kadar potassium serum yang dapat menyebabkan komplikasi berbahaya dalam tubuh kita.

– Berisiko Menyebabkan Gagal Ginjal
Sebuah penelitian oleh Jones tahun 2004, menemukan bahwa asupan jus tomat yang berlebihan menyebabkan risiko berkembangnya hiperkalemia berat (suatu kondisi di mana kadar kalium serum melewati batas), yang mengakibatkan insufisiensi ginjal (gagal ginjal).

– Sindrom Alergi Oral
Jus tomat dapat menyebabkan sindrom alergi oral. Alergi ini merupakan penyakit yang jarang terjadi. Sebuah laporan oleh Kawamoto, dkk., pada tahun 2003, ditemukan fakta bahwa minum jus tomat berlebihan dapat menyebabkan pembengkakan pada mukosa mulut dan hidung serta peradangan pada mata.

Tips Mengkonsumsi Jus Tomat
Dikutip dari detikHealth, sebenarnya tidak ada batasan jumlah per hari atau per minggu dalam meminum jus. Karena meminum jus buat merupakan salah satu kebiasaan baik yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Namun, dalam beberapa kondisi terdapat beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum mengkonsumsinya. Berikut penjelasannya.

  1. Jika kamu memiliki riwayat penyakit ginjal, sebaiknya batasi mengkonsumsi jus
  2. tomat. Sebab, minum jus tomat berlebih dapat menyebabkan hiperkalemia parah.
  3. Jika kamu alergi buah tomat, maka hindari mengkonsumsi jus tomat.
  4. Jika kamu dalam kondisi hamil atau menyusui, maka konsultasikan ke dokter sebelum mengkonsumsi jus tomat secara rutin.

Jus tomat harus diberikan dengan hati-hati kepada anak kecil dan orang tua, karena sistem kekebalan tubuh mereka lemah dan dapat menimbulkan reaksi alergi dalam tubuh.

Editor: PARNA

Sumber: detik.com