Bahasa adalah salah satu media bagi manusia untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu bahasa tertua dan memiliki keunggulan dibanding bahasa lainnya adalah karena bahasa Inggris mampu menghubungkan komunikasi lintas negara.

Mengutip Lingua Edu (Pusat Layanan Bahasa Florida), bahasa Inggris menjadi bahasa paling populer di dunia yakni dengan jumlah penutur sebanyak 1,12 miliar orang per tahun 2022. Sementara bahasa kedua yang paling banyak digunakan adalah bahasa Mandarin yakni sebanyak 1,10 miliar pengguna.

Bahasa Inggris pun saat ini menjadi bahasa internasional yang berlaku. Apa alasan yang membuat bahasa Inggris dijadikan sebagai bahasa Internasional? Mengutip unggahan Instagram @bp3_kemdikbud dan laman Universitas Ahmad Dahlan (UAD), berikut alasan-alasan yang mendasari bahasa Inggris dijadikan sebagai bahasa Internasional. Cek yuk!

Alasan Bahasa Inggris Dijadikan Bahasa Internasional
1. Pengaruh Kerajaan Inggris (Britania)
Kerajaan Inggris (Britania) menjadi wilayah yang paling berkuasa di dunia pada awal abad ke-20. Alhasil, Inggris berhasil menguasai sebanyak 25% wilayah di dunia yang dijadikan kawasan jajahannya.

Hal tersebut menjadikan bahasa Inggris menjadi bahasa paling banyak digunakan di daerah koloni Inggris. Oleh karena itu, terdapat sebanyak seperempat wilayah di dunia menggunakan bahasa Inggris terutama di bidang perdagangan dan akademik.

2. Pengaruh Amerika setelah Perang Dunia Usai
Saat perang dunia usai, Amerika memiliki masa puncak kejayaan ekonominya di samping banyak negara lain yang dulunya berkuasa namun menjadi semakin terpuruk usai perang. Inggris pun memanfaatkan kondisi tersebut dengan menjalin kerja sama dengan Amerika.

Penduduk Amerika akhirnya banyak yang menggunakan dan mempelajari bahasa Inggris. Selain itu, Amerika pun memiliki andil yang besar dalam menyebarluaskan bahasa Inggris baik melalui film, musik, sastra, dan penemuan-penemuan ilmiah lainnya.

3. Inggris adalah Negara Maju
Alasan lain yang membuat bahasa Inggris dijadikan bahasa internasional karena negaranya yang telah maju. Hal ini terlihat dari inovasi dan penyebaran ilmu pengetahuan yang banyak berasal dari negara ini.

Beberapa ilmuwan asal Inggris yang menaruh andil besar terhadap perkembangan dunia antara lain Alexander Graham Bell, Michael Faraday, James Dyson, Alan Turing, Sir Henry Royce, Richard Trevithick, dan lainnya.

4. Kosa Kata Bahasa Inggris Melimpah
Bahasa Inggris memiliki jumlah kosa kata sekitar 1.022.000. Peneliti dari Harvard University dan Google telah mencatat bahwa terdapat sekitar 8.500 kata yang bertambah. Jika dibandingkan dengan Indonesia, jumlahnya 3x lipat lebih banyak.

5. Perkembangan Teknologi
Amerika merupakan negara dengan pengguna bahasa Inggris yang banyak dan merupakan pusat perkembangan teknologi. Dalam mengenalkan teknologi yang dimilikinya kepada dunia, Amerika menggunakan bahasa Inggris.

Oleh karena itu, setiap orang yang ingin menggunakan teknologi Amerika mempelajari bahasa Inggris terlebih dahulu. Hal tersebut membuat penggunaan bahasa Inggris semakin besar dan meluas secara global.

Editor: PARNA

Sumber: detik.com