Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan mobil dinas antipeluru Mercedes-Benz S600 Guard blusukan ke jalan rusak di Jambi. Ini kedua kalinya Jokowi menyambangi langsung infrastruktur yang rusak usai ke Lampung dua pekan lalu.

Perjalanan Jokowi ini, seperti disiarkan akun Youtube Sekretariat Presiden pada Selasa (16/5), melibatkan puluhan kendaraan.

Kebanyakan kendaraan yang dipakai rombongan jenis MPV, SUV dan sepeda motor trail. Sepertinya hanya Jokowi yang menggunakan sedan.

Mercedes-Benz S600 Guard dengan pelat nomor merah ‘Indonesia 1’ yang digunakan Jokowi diketahui punya spesifikasi khusus. Tampak dari video mobil ini juga terlihat punya ground clearance (jarak bodi ke tanah) cukup tinggi sehingga mengurangi potensi nyangkut.

Spesifikasi detail Mercy Jokowi merupakan rahasia negara yang tak semuanya diumbar ke publik buat keamanan. Walau begitu sedan kelas atas Mercy ini diketahui membawa mesin 6.000 cc V12 turbo ganda yang bertenaga hingga 537 hp dengan torsi 830 Nm.

Mobil dinas khusus presiden ini juga dilengkapi fitur keamanan bersertifikat VR10, tingkat perlindungan tertinggi balistik buat kendaraan nonmiliter.

Tak cuma antipeluru pada bagian bodi dan kaca, unit ini juga dibekali sertifikat Explosive Resistant Vehicle (ERV) 2010 yang menandakan ketahanan pada ledakan.

Usai menjajal jalan tak beraspal Jokowi yang ditemani Menteri PUPR Basuki Hadimuljono tampak berbincang dengan Gubernur Jambi Al Haris di tengah jalan ketika truk-truk ukuran medium sedang melintas di jalan yang sama.

Jokowi menyebut jalan yang dilaluinya rusak parah, dia bilang juga sudah memerintahkan Gubernur Jambi melakukan penanganan.

Jambi memiliki sembilan kabupaten dan dua kota. Jalan kabupaten disebut Jokowi ada 10 ribu km yang lebih 4.600 km di antaranya rusak.

Sedangkan jalan provinsi 1.030 km dikatakan Jokowi ada 250 km yang rusak.

“Yang tadi jalan kabupaten, yang ini jalan provinsi, ini juga akan diambil alih oleh pusat dan segera dikerjakan. Yang namanya jalan logistik itu sangat penting sekali, yang namanya jalan produksi itu penting sekali sehingga itu yang didahulukan, apalagi rusak parah, harus segera dikerjakan,” kata Jokowi.

“Ini bukan hanya di Provinsi Jambi, di provinsi-provinsi yang lain pun juga banyak yang memerlukan penanganan karena menyangkut jalan produksi dan logistik,” ujar dia lagi.

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia