Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad memberikan motivasi kepada pelajar SMAN 1 Kijang sekaligus silaturahmi dengan insan pendidikan Kabupaten Bintan, Senin (8/5/2023).

Kehadiran orang nomor satu di Kepri tersebut, kali ini juga sekaligus meresmikan pembangunan rumah dinas guru, peresmian pembangunan ruang UKS serta penyerahan bantuan transportasi darat kepada siswa kurang mampu.

Tahun 2022 lalu, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melalui Dinas Pendidikan telah melaksanakan pembangunan dan memberikan bantuan kepada SMAN 1 Bintan Timur dengan total pagu anggaran sebesar Rp824.417.000.

Anggaran tersebut terdiri dari pembangunan ruang UKS beserta perabotnya (DAK) SMAN 1 Bintan Timur yang terdiri dari satu ruang dengan anggaran Rp297.354.000.

Lalu pembangunan rumah dinas guru beserta perabotnya (DAK) SMAN 1 Bintan Timur yang terdiri dari satu ruang dengan anggaran Rp333.338.000 serta bantuan transportasi darat untuk siswa diberikan kepada 185 siswa yang terdiri dari 3 bulan, per bulannya siswa sebesar Rp75.000 dengan total anggaran Rp41.625.000.

Tahun 2023 bantuan transportasi darat untuk siswa dilanjutkan kembali, diberikan kepada 338 siswa yang terdiri dari 6 bulan, per bulan per siswa sebesar Rp75.000 dengan total anggaran Rp152.100.000.

Kepada tenaga pendidik, Gubernur Ansar menyampaikan rasa terimakasih karena berkat kontribusinya turut meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kepulauan Riau meningkat 0,67 poin.

Diketahui, tahun 2021 lalu IPM Kepri berada di angka 75,79 poin menjadi 76,46 poin pada tahun 2022. Selalu berada pada status IPM kategori “tinggi” berada di atas rata-rata IPM Nasional 72,91 poin.

“IPM kita urutan ketiga secara nasional dan terbaik pertama di wilayah Sumatera. Terimakasih kepada semua unsur yang terlibat dalam kemajuan pendidikan di Kepri. Terimakasih bapak ibu guru, teruslah bimbing dan didik anak-anak kita agar SDM kita bagus dan Kepri maju,” ungkap Bupati Bintan dua periode itu.

Khusus SMAN 1 Kijang, eks legislator Senayan itu memberikan motivasi agar belajar dengan sungguh-sungguh agar dikemudian hari bisa menjadi insan yang bisa membanggakan orangtua dan bisa memajukan daerah.

“Kalau mau sukses tiada lain kuncinya adalah belajar dengan sungguh-sungguh, hormati orangtua serta hormati guru. InsyaAllah dari SMAN 1 Kijang akan lahir orang hebatnya menjadi penentu masa depan Kepri,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari, Tim Percepatan Pembangunan Kepri Syarafuddin Aluan dan Suyono, Kepala Dinas Pendidikan Kepri Andi Agung, Kepala Satpol PP Kepri Hendri Kurniadi, Kepala sekolah SMAN 1 Martelia Puspa, Kapolsek Kijang, Camat Kijang serta Para Majelis Guru SMAN 1 Kijang.

Editor: PARNA