Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dipastikan akan membangun sebanyak 4 unit sekolah baru (USB) di Kota Batam pada tahun anggaran 2023 ini. Rinciannya, 2 untuk SMA, 1 SMK, dan 1 SLB.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad usai melaksanakan safari Ramadhan di Masjid Jami’ Baloi Center, Batam, Ahad (26/3/2023).

Pembangunan 4 USB ini merupakan upaya untuk memecahkan persoalan saat Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Batam yang selalu terjadi setiap tahunnya.

“Setiap tahun masalah PPDB di Kota Batam selalu mencuat, jadi program pembangunan USB ini merupakan salah satu langkah yang digesa kita,” kata Ansar.

“Ini juga merupakan bentuk kesungguhan perhatian Pemprov Kepri terhadap dunia pendidikan di Kota Batam,” ujar tambah Gubernur.

Selain pembangunan 4 sekolah baru, juga akan dibarengi dengan adanya penambahan ruang kelas baru atau RKB, ruang laboratorium, ruang guru, ruang OSIS dan sarana penunjang pembelajaran yang lain.

“Tahun anggaran 2022 lalu, kita juga sudah (selesai) membangun 116 RKB di Kota Batam, yang juga dibarengi dengan pembangunan ruang praktek siswa (RPS), ruang laboratorium biologi, fisika, kimia dan ruang OSIS,” jelasnya.

Gubernur menjelaskan program pembangunan sekolah ini bersamaan dengan program-program lain yang sedang digesanya di Kota Batam pada tahun 2023 ini.

“Selain pembangunan sarana prasarana, serta konektivitas, pembangunan unit sekolah baru juga kita gesa karena sudah urgent itu,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kepri Andi Agung menyebut pembangunan 4 USB di Batam dengan rincian SMAN 29 dan SMAN 30 Batam dengan pagu anggaran Rp2,250 miliar.

Lalu SMKN 10 Batam dengan pagu Rp3 miliar serta SLBN 2 Batam dengan pagu Rp2 miliar. “Semuanya kita bangun melalui dana APBD,” kata Andi.

Editor: HER