Manchester United berhasil mengalahkan Fulham dengan skor akhir 3-1 di perempatfinal Piala FA. Pertandingan berlangsung panas yang melahirkan tiga kartu merah.

Duel MU vs Fulham digelar di Old Trafford pada Minggu (19/3/2023). Setelah kedua tim bermain imbang tanpa gol di sepanjang paruh pertama, Fulham membungkam publik tuan rumah lewat gol Aleksandar Mitrovic.

MU bangkit di babak kedua. MU diuntungkan dengan kartu merah yang diterima dua pemain Fulham: Willian dan Aleksandar Mitrovic. Manajer Fulham Marco Silva juga mendapatkan hukuman serupa.

Bruno Fernandes mencetak dua gol (satu penalti) untuk menginspirasi kemenangan MU, dan satu gol lainnya disumbangkan Marcel Sabitzer.

Kemenangan atas Fulham mengantarkan Manchester United ke semifinal Piala FA. MU berpotensi berjumpa Brighton, atau Manchester City, atau tim divisi dua Sheffield United, yang akan ditentukan dalam drawing.

Jalannya Pertandingan

Fulham langsung menguji pertahanan MU saat laga baru berlangsung dua menit. Crossing Andreas Pereira dari sayap kanan menemui Issa Diop di tiang jauh. Sundulan Diop ditepis David de Gea ke arah atas gawang.

MU baru merespons pada 10 menit kemudian. Serangan balik MU diakhiri Marcus Rashford dengan sodoran kepada Wout Weghorst. Sayang sekali penyelesaian Weghorst masih terlalu lemah.

Fulham mengklaim penalti setelah duel Alexander Mitrovic dengan Lisandro Martinez. Namun, wasit tidak menganggapnya sebagai pelanggaran. Pertandingan pun berlanjut.

Sebuah peluang bagus dihasilkan MU. Pada menit ke-40, umpan Bruno Fernandes kepada Marcel Sabitzer diteruskan dengan tembakan jarak jauh. Bernd Leno melakukan menepis bola, lalu menangkapnya dalam percobaan kedua.

Jelang turun minum, MU menekan Fulham lagi. Sepakan Weghorst hasil umpan silang dari Sancho diblok di kotak penalti sehingga hanya menjadikan sepak pojok. Skor masih 0-0 di akhir babak pertama.

Fulham merepotkan MU di awal babak kedua. Blok Harry Maguire dikuasai Joao Palhinha. Antonee Robinson mengecoh Aaron Wan-Bissaka sebelum melepaskan tembakan yang ditepis De Gea.

GOL! Fulham membuka keunggulan 1-0 di menit ke-50. Berawal dari sepak pojok dari sayap kanan, Issa Diop meneruskan dengan umpan pendek yang diselesaikan Mitrovic lewat sontekan dari jarak dekat.

Fulham nyaris memperbesar skor pada 16 menit berselang. Dari set-piece, tendangan bebas Pereira disambut Mitrovic dengan tandukan keras. De Gea kembali melakukan penyelamatan.

MU mengklaim penalti setelah Willian ditengarai melakukan handball untuk menghalangi tembakan Sancho ke gawang yang kosong. Wasit memeriksa melalui monitor lalu menunjuk titik putik ke kotak penalti Fulham. Willian pun dikartu merah.

Situasi memanas, Mitrovic juga dikartu merah karena mengonfrontasi wasit. Di pinggir lapangan, manajer Fulham Marco Silva mendapat sanksi serupa usai membanting botol yang kemudian mengenai hakim garis.

Bruno Fernandes maju sebagai algojo, kemudian mengirim Leno jatuh ke arah yang salah dengan melakukan tendangan ke sudut kanan bawah gawang Fulham. Skor 1-1 di menit ke-75.

MU langsung memaksimalkan keunggulan jumlah pemain. Hanya dua menit berselang, MU berbalik mengungguli Fulham 2-1. Luke Shaw menyisir sayap kiri sebelum melepaskan umpan silang. Sabitzer menuntaskan dengan sontekan dari depan gawang.

MU mengurung pertahanan Fulham. Kerja sama Shaw dengan Fred diteruskan Antony dengan umpan silang ke tengah kotak penalti. Sabitzer meneruskan dengan tendangan mendatar, tapi Leno masih sigap menangkap bola.

Bruno Fernandes mencetak gol ketiga MU di masa injury time. Dari serangan balik, Fred menyodorkan bola kepada Bruno Fernandes. Dalam posisi bebas, Fernandes melepaskan tembakan untuk menaklukkan Leno sekaligus mengubah skor menjadi 3-1.

Susunan Pemain

MANCHESTER UNITED: De Gea, Maguire, Lisandro Martinez, Wan-Bissaka, Shaw, McTominay (Antony 58′), Sabitzer, Bruno Fernandes, Sancho, Rashford (Fred 83′), Weghorst

FULHAM: Leno, Kenny Tete (Cedric Soares 89′), Issa Diop, Tim Ream, Antonee Robinson, Reed (James 89′), Palhinha, De Cordova-Reid (Solomon 89′), Perreira (Cairney 90′), Willian, Mitrovic

Editor: HER

Sumber: detikbola