Gubenur Kepri H. Ansar Ahmad pimpin rapat koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan rapat koordinasi Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Kepulauan Riau di Gedung Daerah, Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Senin (13/3/2023).

Rapat koordinasi kali ini merupakan momentum bersama dalam melihat progres capaian rapat koordinasi sebelumnya yang dilaksanakan pada tanggal 22 Desember 2022 di Kota Tanjungpinang.

Rapat ini pun menjadi penekanan bersama, khususnya pada pemerintah kabupaten kota untuk menjabarkan upaya pencapaian dari target indikator yang belum terpenuhi dan sebagai referensi langkah bersama dalam capaian pembangunan mendatang.

“Kita perkuat konsolidasi dan bangun kebersamaan. Rakor kepala daerah ini kita selenggarakan setiap tiga bulan sekali dan awal tahun ini di Lingga,” ungkap Gubernur Ansar.

Gubernur mengatakan, rapat koordinasi ini juga merupakan komitmen bersama dalam percepatan pembangunan di segala lini.

Selain itu menjadi langkah tindak lanjut dalam menjabarkan segala arahan bapak Presiden Republik Indonesia dalam menggesa pembangunan di tingkat pusat sampai ke daerah.

“Rapat ini juga disejalankan dengan rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) sebagai bentuk persiapan menyambut bulan suci Ramadhan di Kepri,” ujar Bupati Bintan dua periode itu.

Adapun bentuk perhatian bersama terhadap gambaran dari Rakor Forkopimda Provinsi Kepulauan Riau terkait setiap peran dalam persiapan menyambut Ramadhan, diantaranya, pengamanan Ramadhan dan Idul Fitri 2023.

Kesiapan dan ketersediaan sarana dan prasarana transportasi, mitigasi kebencanaan dalam mengantisipasi/menghadapi Ramadhan, dan ketersediaan dan kelancaran distribusi sembako.

Sedangkan untuk rapat koordinasi kabupaten/kota, yang menjadi bentuk perhatian bersama, terkait sinkronisasi NIK dengan NPWP, kondisi pertumbuhan ekonomi hingga stunting serta kemiskinan.

Terkait persiapan memasuki Ramadhan dan Idul Fitri, Gubernur Ansar mengajak jajaran kepolisian untuk bekerjasama menjaga kondisi kamtibmas serta menginstruksikan dinas provinsi terkait untuk menjaga stok barang serta keamanan lalu lintas masyarakat baik di darat, laut maupun udara.

“Pasti banyak aktivitas keramaian masyarakat yang perlu menjadi perhatian rekan-rekan kepolisian agar masyakarat bisa tenang beribadah. Selain itu dari Dinas Perhubungan dan Disperindag harus memastikan aktivitas distribusi barang kebutuhan masyakat bisa cepat, stok barang mencukupi agar tidak terjadi kelangkaan yang menyebabkan inflasi,” pesannya.

Hadir di kesempatan ini Bupati Lingga M. Nizar, Widyaiswara Ahli Utama Lamidi, Tim Percepatan Pembangunan Syarafuddin Aluan dan Suyono, Kepala Perwakilan BI Kepri Suryono, Kepala BPS Kepri Darwis Sitorus, Kepala Kanwil DJP Kepri Cucu Supriatna,  Perwakilan FKPD Kepri, perwakilan Bupati/Walikota se-Provinsi Kepri, OPD Provinsi Kepri serta FKPD dan OPD Kabupaten Lingga.

Editor: HER