Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad meresmikan gedung Perkumpulan Teo Chew Tanjungpinang, Rabu (22/2/2023). Gedung ini diharapkan dapat menjadi pusat aktivitas sosial masyarakat Teo Chew.

Perkumpulan Teo Chew Tanjungpinang resmi berdiri sejak Mei 2014 dan telah dikenal sebagai organisasi kemasyarakatan yang turut serta berperan dalam mensukseskan berbagai program pemerintah.

Gubernur Ansar mengatakan, Perkumpulan Teo Chew Tanjungpinang telah membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19 yang merebak sejak tahun 2020.

“Kami merasakan sendiri bagaimana masyarakat Teo Chew turut andil langsung dalam mengendalikan pandemi Covid-19 kemarin,” katanya.

Menurut Ansar, keberagaman di Kepri yang multi etnis telah menjadi kekuatan utama untuk membangun daerah. Kepri adalah rumah untuk semua etnis yang di dalamnya harus mampu merawat kekompakan dan kerukunan untuk kemajuan menuju lebih baik.

“Kepri ini istimewa karena berbagai macam etnis bisa hidup berdampingan dan saling rukun, bisa dibilang Kepri ini adalah miniaturnya Indonesia,” kata Bupati Bintan dua periode itu

Gubernur berharap, ke depan Perkumpulan Teo Chew Tanjungpinang bisa membantu lebih banyak program-program pemerintah. Terlebih saat ini Pemerintah Provinsi Kepri terus membangun berbagai infrastruktur untuk mempercantik wajah Tanjungpinang sebagai ibukota provinsi.

Ketua Perkumpulan Teo Chew Tanjungpinang Jenny mengatakan, selain berfungsi sebagai sekretariat Teo Chew Tanjungpinang, gedung ini juga akan digunakan untuk aktivitas sosial kemasyarakatan dan kesenian budaya masyarakat etnis Teo Chew.

“Kami bersyukur meskipun kemarin pandemi Covid-19 namun gedung berlantai tiga ini selesai tepat waktu berkat kerjasama dari pendiri dan donatur, dengan adanya gedung baru ini pun Teo Chew Tanjungpinang siap menjalankan berbagai aktivitas untuk kebermanfaatan di kota Tanjungpinang,” katanya.

Turut hadir dalam peresmian tersebut Ketua TP-PKK Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar, Kajati Kepri Gerry Yasid, Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma, Bupati Bintan Roby Kurniawan, Perwakilan Ketua Perhimpunan Teo Chew Indonesia Janto Chayadi, Anggota DPRD Provinsi Kepri Rudi Chua, dan sejumlah tokoh masyarakat Tanjungpinang.

Editor: HER