Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Tambelan, Selasa (24/1/2023). Di pulau ini, gubernur menyerahkan bantuan pertanian hingga bantuan hibah rumah ibadah untuk sejumlah masjid dan surau.

Pulau Tambelan masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Bintan. Tambelan merupakan kecamatan terluar dan paling terpisah jauh dari pusat Kabupaten Bintan.

Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menyerahkan bantuan hibah rumah ibadah untuk sejumlah masjid dan surau.

Hal inilah yang membuat Gubernur Ansar kerap melakukan kunjungan untuk melihat langsung kondisi masyarakat dan infrastruktur disana.

“Jarak yang jauh tidak jadi penghalang kita untuk sering datang ke Tambelan, kita akan terus memperhatikan kebutuhan masyarakat disini meskipun jauh dari ibukota provinsi dan Kabupaten Bintan,” kata Gubernur Ansar di Balai Adat Tambelan.

Bantuan pertanian dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepri yang diserahkan ini berupa 10 unit cultivator, 2 ton pupuk NPK, dan 2 ton pupuk organik.

“Bantuan pertanian ini agar digunakan secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan pangan di Tambelan, karena terkadang kalau cuaca buruk pasokan pangan dari luar susah masuk. Jadi ketahanan pangan harus kita upayakan,” ujar Bupati Bintan dua periode tersebut.

Sementara bantuan dana hibah dari Biro Kesejahteraan Masyarakat untuk rumah ibadah di Tambelan secara total berjumlah Rp225 juta.

Rinciannya, untuk Masjid Darussalam Dusun I Desa Pulau Pengikik senilai Rp100 juta yang merupakan usulan aspirasi anggota DPRD Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari.

Lalu Musholla Raudhatul Iman Jl. Makam Sultan Abdullah Muayatsyah Desa Batu Lepuk senilai Rp45 juta, Surau Baitul Ubudiyah Desa Kampung Hilir senilai Rp40 juta, dan Surau Baitul Ubudiyah Desa Kampung Hilir senilai Rp40 juta.

Eks legislator Senayan itu juga memaparkan pekerjaan infrastruktur yang saat ini dikerjakan Pemprov Kepri di Tambelan.

Diantaranya pekerjaan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPP) tahun 2022 berupa Pembangunan jalan utama Tambelan dengan pagu anggaran Rp3 miliar.

Lalu di tahun 2023 berupa lanjutan pembangunan jalan utama Tambelan, dengan pagu Alanggaran sebesar Rp2 miliar.

“Pengerjaan jalan untuk jadi jalan yang layak juga menjadi prioritas kita, secara bertahap kita akan perbaiki jalan-jalan yang ada di pulau terpencil dan terluar di Kepri,” katanya.

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Kepri juga mengerjakan beberapa proyek diantaranya tahun 2022 dengan Pagu Rp144.491.445 berupa semenisasi Jalan Tengku Sendut yang merupakan usulan dan aspirasi anggota DPRD Provinsi Kepri Hanafi Ekra.

Lalu tahun 2023 Dinas Perkim Pemprov Kepri menggelontorkan anggaran dengan pagu Rp3.550.000.000 untuk pembangunan jalan seminisasi Telok Abik Desa Batu Lepuk dengan pagu Rp420.000.000.

Pembangunan jalan seminisasi Batu Penepat Desa Lepok dengan pagu Rp880.000.000, pembangunan jalan seminisasi Batu Parang Desa Kampung Hilir dengan pagu Rp220.000.000, pembangunan jalan seminisasi Hasan Ghazali Kelurahan Teluk Sekuni dengan pagu Rp580.000.000.

Rehab Jalan Gang Wilayah RT 01 sampai RT 04 Desa Kampung Melayu dengan pagu Rp420.000.000, pembangunan Jalan Pejantan RT 03 RW 01 Desa Pulau Mentebung dengan pagu Rp 850.000.000, serta peningkatan prasarana, sarana dan utilitas umum (PSU) Penepat Desa Batu Lepuk dengan pagu Rp180.000.000 yang merupakan usulan dan aspirasi anggota DPRD Provinsi Kepri Drs. Khazalik.

Tidak hanya itu, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepri juga mengalokasikan bantuan 2 unit kapal 5 GT dengan pagu anggaran Rp390.000.000.

Sementara Dinas Perhubungan juga mengerjakan pengadaan dan pemasangan dermaga apung HDPE Pelabuhan Bandara Tambelan dengan pagu anggaran sekitar Rp2.191.601.400 yang sampai saat ini masih dalam tahap penyelesaian.

“Ponton HDPE itu akan memudahkan masyarakat untuk bersandar di pelabuhan Bandara Tambelan, jadi akses transportasi dari pelabuhan ke bandara bisa lebih mudah dan cepat,” tambah Gubernur Ansar.

Gubernur Ansar juga menyerahkan bantuan transportasi darat untuk siswa di SMAN 1 Tambelan senilai Rp34.200.000. Sebelumnya, tahun 2022 Dinas Pendidikan Provinsi Kepri telah menyalurkan bantuan transportasi darat untuk siswa di SMAN 1 Tambelan senilai Rp17.100.000.

“Semoga anak-anak sekolah di Tambelan terus semangat untuk menuntut ilmu dan meraih cita-cita agar bisa membangun Tambelan menjadi lebih baik lagi,” pungkas politikus Partai Golkar tersebut.

Editor: HER