Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan peningkatan kadar gula darah di dalam tubuh. Biasanya, kadar gula darah meningkat karena pola makan sehari-hari.

Padahal, ada sejumlah makanan penurun kadar gula darah yang bisa dikonsumsi sehari-hari. Dengan begitu, risiko diabetes dapat dicegah.

Kementerian Kesehatan menyebut diabetes merupakan penyakit yang perlu diwaspadai. Sebab, diabetes dapat menyebabkan kebutaan, penyakit jantung, gagal ginjal, hingga kematian.

Data Federasi Diabetes Internasional (IDF) mencatat 10,7 juta penduduk Indonesia menderita diabetes pada 2019. Jumlah ini menempatkan Indonesia sebagai negara dengan jumlah penderita diabetes tertinggi ke-7 di dunia.

Jumlah penderita diabetes tertinggi di dunia ada di China mencapai 116,4 juta, India 77 juta, dan Amerika Serikat 31 juta penduduk.

Maka dari itu, penting untuk mulai menjaga makanan sehari-hari agar terhindar dari diabetes. Selain itu, diabetes juga perlu dicegah dengan mengurangi berat badan, aktivitas, hingga stres.

Makanan Penurun Kadar Gula Darah

Ilustrasi. Makanan penurun kadar gula darah (Jakub Kapusnak/FoodiesFeed)

Dikutip dari Healthline, berikut makanan sehari-hari yang dapat menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh.

1. Brokoli

Hasil penelitian menunjukkan brokoli mengandung sulforaphane yang bersifat penurun gula darah sehingga memberi efek antidiabetes. Selain itu, brokoli juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi gula daerah.

Untuk menjaga kandungan sulforaphane tetap tinggi, maka brokoli harus dimasak dengan cara dikukus atau dimakan mentah.

2. Makanan laut

Makanan laut seperti ikan dan kerang mengandung protein, lemak sehat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat mengontrol kadar gula darah.

Selain itu, protein juga memperlambat pencernaan sehingga meningkatkan perasaan kenyang. Dengan begitu, Anda tidak akan makan berlebihan dan kadar gula darah dapat dijaga.

3. Kacang

Ilustrasi. Kacang termasuk makanan penurun kadar gula darah (iStock/reklamlar)

Kacang dan selai kacang juga dapat mengontrol kadar gula darah. Bahkan, makanan ini cocok untuk dikonsumsi secara jangka panjang.

Jenis kacang yang dapat menjaga kadar gula darah mulai dari kacang tanah sampai kacang almond.

 

4. Labu

Labu mengandung serat dan antioksidan yang dapat mengatur kadar gula darah. Bahkan, labu terkenal sebagai obat diabetes tradisional di banyak negara, seperti Meksiko dan Iran.

Maka dari itu, labu sangat bisa dijadikan makanan penurun kadar gula darah. Hanya saja, sebaiknya konsumsi labu dengan cara dipanggang atau dikukus agar manfaatnya maksimal.

5. Alpukat

Buah yang satu ini sudah populer kaya lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral, sehingga dapat menjaga kadar gula darah. Selain itu, alpukat juga baik dikonsumsi oleh orang dengan tekanan darah tinggi.

6. Oat

Ilustrasi. Oat dan gandum termasuk makanan penurun kadar gula darah dan tinggi serat (iStockphoto/Michelle Lee)

Oat dan gandum memiliki kandungan serat tinggi yang dapat mengurangi kadar gula darah. Anda dapat menambahkan oat dan gandum ke dalam makanan atau konsumsi roti gandum.

7. Telur

Makanan penurun kadar gula darah berikutnya adalah telur karena kaya akan protein, lemak sehat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Konsumsi telur dapat mengontrol gula darah.

Penelitian menunjukkan konsumsi satu butir telur per hari dapat menurunkan gula darah puasa sebesar 4,4 persen dan meningkatkan sensitivitas insulin dibandingkan konsumsi makanan lain pengganti telur.

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia