Lemak perut membandel dan berat badan yang sulit turun adalah musuh bagi banyak orang. Untuk mengatasi hal itu, coba konsumsi rutin 5 jus sayuran ini.

Tumpukan lemak di sekitar perut begitu mengganggu penampilan. Tak hanya itu, berat badan bakal otomatis bertambah jika ada lemak perut membandel. Kondisi ini bisa disebabkan berbagai faktor seperti pola makan tak sehat, aktivitas fisik yang minim, faktor lingkungan, hingga genetik.

Untuk mengatasinya, konsumsi makanan sehat dan cukup beraktivitas fisik adalah kunci. Beberapa makanan dan minuman bahkan terkenal bisa membantu singkirkan lemak perut dan turunkan berat badan, termasuk racikan jus sayur yang penuh nutrisi ini

Mengutip Food NDTV (9/12), inilah 5 jus sayuran terbaik untuk singkirkan lemak perut:

1. Jus wortel

Selain menjaga kesehatan mata, konsumsi wortel juga efektif untuk menyingkirkan lemak perut. Wortel tergolong sayuran rendah kalori yang tinggi serat dan membantu melancarkan pencernaan. Semua sifat ini membuat konsumsinya bagus untuk menurunkan berat badan.

Untuk menghindari jus wortel langu, ada beberapa tips untuk membuatnya. Pertama, pilih wortel segar, kemudian campur dengan buah lain seperti apel, jeruk, nanas, atau pepaya. Rasanya juga dijamin lebih enak!

Ilustrasi jus kol. Foto: Istimewa

Jus sayuran lain yang bagus untuk menyingkirkan lemak perut adalah jus kol. Sayuran ini mampu membantu membersihkan saluran pencernaan dan merangsang pembuangan limbah. Kondisi ini pada akhirnya dapat menurunkan berat badan.

“Selama proses pencernaan, sayuran berserat tinggi menyerap air dalam tubuh kita dan membentuk massa seperti gel. Ini membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan mencegah Anda makan berlebihan,” jelas pakar penurunan berat badan, Gargi Sharma. Tambahkan beberapa tetes jus lemon supaya rasanya makin nikmat.

3. Jus bit

Bukan hanya bagus untuk menambah darah, konsumsi jus bit juga berefek baik untuk berat badan. Bit sendiri bersifat rendah kalori, kaya antioksidan, mineral, dan serat yang semua kombinasinya sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Supaya makin enak, kamu bisa menambahkan buah lain ke dalam racikan jus bit. Ada wortel dan apel yang disebut banyak orang meningkatkan cita rasa jus sekaligus menambah nutrisinya.

4. Jus bayam

Foto: Getty Images/iStockphoto/Zakharova_Natalia

Bayam adalah sayuran murah meriah yang kaya nutrisi. Sayuran berdaun hijau ini bagus untuk menurunkan berat badan dan menyingkirkan lemak perut berkat sifatnya yang rendah kalori.

Bayam juga mengandung serat, zat besi, folat, dan vitamin E-nya. Racik jus bayam dengan tambahan apel, jeruk nipis, timun, atau nanas agar lebih enak. Jangan lupa tambahkan juga madu.

5. Jus mentimun

Satu lagi jus sayuran yang bagus untuk menurunkan berat badan, mentimun. Sayuran renyah segar ini sangat rendah kalori sehingga bagus dikonsumsi rutin saat diet.

Mentimun juga tinggi kandungan air dan serat yang membuat kamu kenyang lebih lama. Tambahkan perasan jeruk nipis dan beberapa lembar daun mint untuk membuat rasa jus jauh lebih enak.

Editor: HER

Sumber: detikfood