Provinsi Kepulauan Riau akan menjadi pelopor Private Air Tourism di Indonesia. Ini merupakan buah dari pelaksanaan Flying Adventures Kepri 2022 di kawasan Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang pada Juli lalu.

Hal tersebut diperoleh usai ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) antara PT. Aviasi Solusi Prima, Flybest Aviation Indonesia, yang merupakan pengembangan dari Sekolah Pilot Flybest Flight Academy di Batam dan Tanjung Pinang, dengan Aviation Hub Singapura di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Jum’at (9/10/2022).

MoU ditandatangani oleh Direktur Utama PT. Aviasi Solusi Prima, Daryanto Sadewo dengan Direktur Utama Aviation Hub Laurence Liauw dan disaksikan Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad diwakili Asisten II Pemprov Kepri Luki Zaiman Prawira, Direktur Pemasaran Wilayah II mewakili MenPareKraf RI, Cecep Sukendi, serta Walikota Batam H. Muhammad Rudi.

Gubernur Ansar berharap dengan dijadikannya Kepri sebagai pelopor Private Air Tourism di Indonesia akan semakin memperkuat sektor ekonomi yang saat ini sedang bangkit.

“Semoga dengan kesepakatan ini dapat menumbuh kembangkan dan memperkaya pariwisata di Indonesia khususnya Provinsi Kepulauan Riau dalam bidang penerbangan,” harapnya.

Gubernur Ansar menambahkan, dalam meningkatkan daya saing dengan memanfaatkan potensi yang belum dikelola dengan baik serta pengembangan pariwisata yang berdaya saing di pasar nasional dan internasional, akan memberikan peluang besar untuk meningkatkan akselerasi pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional.

“Sektor pariwisata akan meningkatkan daya saing Kepulauan Riau, dengan memanfaatkan potensi yang selama ini belum dikelola dengan optimal, salah satunya adalah potensi maritim, semata-mata untuk meningkatkan akselerasi pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional,” kata Gubernur Ansar.

Adapun MoU ini, meliputi kerjasama antar Flying Club untuk pemasaran dan pelaksanaan Flying Adventure Kepri Packages. Yang mengkombinasikan antara Private Flying (Air Tourism) dan aktivitas adventures/ special interest, seperti diving, sailing, treking, fishing, cycling, dan lainnya, serta reciprocal membership antar Flying Club;.

Juga menjadikan Flybest Flight Academy sebagai satelit dari Seletar Flight Academy yang merupakan markas Aviation Hub untuk pilot training, serta pengembangan fasilitas perawatan pesawat (MRO) untuk general aviation di Kepri.

Direktur Utama PT. Aviasi Solusi Prima, Daryanto Sadewo mengatakan, pihaknya berpartisipasi aktif mendukung pertumbuhan pariwisata Indonesia dimulai dari Kepulauan Riau.

Acara juga dihadiri Group GM Bintan Resort Cakrawala Abdul Wahab, serta organisasi pariwisata seperti ASPARNAS, ASITA, ASPABR.

Editor: HER