Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad kembali menyerahkan bantuan honorarium kepada para mubaligh, penyuluh agama non PNS, pemuka agama tetap pada rumah ibadah se-Kecamatan Belakang Padang Kota Batam, Jum’at ( 9/12/2022).

Pemberian honorarium yang dirangkaikan dengan penyerahan bantuan, dilaksanakan di Masjid Al Adam Kampung Kebun Tempang, Kelurahan Tanjung Sari.

Bantuan dari Pemerintah Provinsi Kepri yang diserahkan langsung Gubernur Ansar kali ini, berupa 30 unit alat perdagangan cool box, yang diperuntukan bagi pedagang pasar.

Adapun untuk honorarium kepada mubaligh atau penyuluh agama Islam non formal, kali ini peruntukkan bagi 105 orang, 7 orang penyuluh agama non PNS, dan 78 pemuka agama tetap pada rumah ibadah.

Gubernur Ansar mengatakan, bantuan yang diberikan kali ini sebagai bentuk apresiasi dari Pemerintah Provinsi Kepri, atas peran dan sumbangsih para penerima yang telah berikan untuk masyarakat selama ini.

“Bapak dan ibu semua, telah berkontribusi mendidik dan mengajarkan ilmu keagamaan, yang mana itu juga salah satu prioritas program pembangunan bidang  keagamaan di Provinsi Kepri,” ujarnya.

Di Kota Batam sendiri, total bantuan yang di berikan kepada 3.316-an orang penerima. Dengan alokasi anggaran Rp3, 316 miliar. Bantuan ini diberikan kepada 2.961 orang guru TPQ, 87 orang penyuluh agama non PNS, dan 181 orang pemuka agama pada rumah ibadah tetap.

“Secara keseluruhan, bantuan dari Pemerintah Provinsi Kepri kepada semua tim pembinaan dan pengawasan keagaaman di tujuh kabupaten/kota se-Kepulauan Riau  sebesar Rp8 miliar, yang diperuntukan bagi 8.000 penerima,” jelasnya.

Pemerintah Provinsi Kepri, kata Gubernur Ansar, juga telah mengucurkan anggaran untuk membantu pembangunan di Kota Batam, yang dialokasikan untuk beberapa urusan pemerintahan. Seperti urusan pendidikan, pekerjaan umum penataan ruang dan pertanahan.

Juga anggaran untuk urusan perumahan dan pemukiman, perhubungan, sosial, energi dan sumber daya mineral, urusan kelutan dan perikanan hingga urusan kesehatan. Dengan total anggaran mencapai Rp245,3 miliar.

Tak lupa di hadapan para mubaligh dan tokoh agama Kecamatan Belakang Padang, Gubernur Ansar juga meminta doa dan dukungan dari masyarakat semua, agar pembangunan yang tengah dilaksanakan, senantiasa mendapat keberkahan dari Allah SWT.

Usai menyerahkan bantuan, Gubernur Ansar bersama rombongan lainnya melaksanakan sholat Jum’at sekaligus bertindak menjadi khotib di Masjid At Taqwa Belakang Padang.

Editor: HER