Telkomsel kembali menggelar IndonesiaNEXT yang telah memasukki Season 7, sebuah program tanggung jawab sosial perusahaan yang membuka peluang lebih luas bagi seluruh pemuda Indonesia.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Saki H. Bramono menyebutkan, dalam tujuh tahun terakhir pelaksanaan IndonesiaNEXT, pihaknya menargetkan peningkatan kompetensi, keterampilan, dan kapabilitas digital mereka agar dapat menjadi talenta digital berkualitas dan berdaya saing global.

“Program ini memang berfokus pada pengembangan digital skills dengan menunjang perolehan sertifikasi keahlian bagi mahasiswa, baik sertifikasi internasional User Interface & User Experience (UI/UX), Google Search Engine Optimization (SEO), Adobe Illustrator & Photoshop, Microsoft PowerPoint & Excel, maupun sertifikasi nasional digital marketing dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP),” jelasnya, Kamis (8/12/2022).

Saki juga menyebutkan, program ini kembali dilaksanakan mengingat Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi digital yang paling pesat di Kawasan Asia Tenggara.

“Bahkan ekonomi digital kita diprediksi bernilai USD 133 miliar pada 2025 nanti,” ungkapnya.

Selain itu, menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Bank Dunia dan McKinsey, kurun waktu 2015-2030, Indonesia membutuhkan setidaknya 9 juta talenta digital, atau sekitar 600 ribu orang setiap tahun.

Untuk itu, pertumbuhan ekonomi digital yang pesat ini harus diimbangi dengan ketersediaan talenta digital yang kompeten.

Pada penyelenggaraan IndonesiaNEXT Season 7, peserta dari seluruh wilayah Indonesia akan mengikuti setiap proses secara online, dengan pola merdeka belajar mandiri dan kreatif dengan metode blended learning (synchronous dan asynchronous).

Beberapa tahapan program terdiri dari National Webinar, Hard Skill, Area Bootcamp, National Bootcamp, dan Crowning Session.

“Melalui program pengembangan kapabilitas seperti IndonesiaNEXT, digital ecosystem enabler. Telkomsel dapat berkontribusi menumbuhkan culture dan mindset yang dibutuhkan agar talenta digital dan generasi muda Indonesia mampu menciptakan dampak dan manfaat yang diharapkan,” paparnya.

Beberapa jenis-jenis kapabilitas yang perlu diolah oleh para talenta digital muda di antaranya adalah kreativitas dalam berpikir, literasi niaga digital, hingga adaptivitas berinovasi.

“Untuk itu, kita perlu terus learning, unlearning, dan scale up,” ungkapnya.

Sejak penyelenggaraan pertamanya di 2016, IndonesiaNEXT telah menjangkau lebih dari 73 ribu peserta yang berasal dari 2.900 universitas di seluruh Indonesia.

Melalui serangkaian pelatihan dan sertifikasi keahlian di IndonesiaNEXT, seluruh mahasiswa dari segala jurusan di Indonesia, mulai dari jenjang studi Diploma hingga S2, berkesempatan untuk menjadi talenta digital masa depan Indonesia.

“Telkomsel berharap dapat membuka peluang lebih luas bagi generasi muda Indonesia untuk meningkatkan kualitas dan daya saing mereka. Talenta digital adalah kunci perubahan yang mampu berkontribusi nyata terhadap perkembangan ekosistem digital nasional yang inklusif dan berkelanjutan. Bersama IndonesiaNEXT, mari tunjukkan bahwa mahasiswa kita adalah The NEXT Talents of Indonesia, manusia-manusia yang adaptif, berkualitas, dan berdaya saing tinggi,” pungkas Saki.

IndonesiaNEXT Season 7 masih membuka pendaftaran hingga 18 Desember 2022. Calon peserta dapat melakukan pendaftaran dengan mengisi data diri lengkap dan memasukkan nomor Telkomselnya di laman pendaftaran indonesianext.co.id.

Informasi lebih lanjut mengenai program IndonesiaNEXT juga dapat diakses di media sosial IndonesiaNEXT (Instagram @indonesia_next, Facebook IndonesiaNEXT, Twitter @indonesia_next, Linkedin IndonesiaNEXT, dan Youtube Indonesia NEXT).

Editor: WIL