Belanda akan melawan Argentina pada babak perempat final Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB. Pertandingan diprediksi berjalan seru sekaligus menyajikan duel individu pemain dari kedua kubu.

Belanda lolos ke perempat final usai mengalahkan Amerika Serikat 3-1 di babak 16 besar. De Oranje kembali melangkah ke babak delapan besar setelah delapan tahun.

Tim arahan Louis van Gaal tampil meyakinkan di Piala Dunia 2022. Sejauh ini mereka belum terkalahkan. Empat pertandingan berakhir dengan tiga kemenangan dan satu hasil imbang.

Di babak penyisihan, Belanda menang 2-0 atas Senegal, imbang 1-1 kontra Ekuador, dan kembali menang 2-0 atas Qatar. Dua pemain Belanda, Memphis Depay dan Cody Gakpo menjadi dua sosok kunci finalis Piala Dunia 2010 tersebut.

Kegemilangan juga dipetik oleh Argentina di Piala Dunia 2022. Meski sempat tumbang 1-2 dari Arab Saudi di awal babak penyisihan, La Albiceleste berhasil bangkit dengan kemenangan 2-0 atas Meksiko dan Polandia.

Lionel Messi dan kawan-kawan juga sukses mengatasi perlawanan ketat Australia di babak 16 besar. Argentina menang 2-1 dalam pertandingan tersebut.

Berkualitasnya individu pemain Belanda dan Argentina membuat laga akan berlangsung sengit. Berikut tiga duel kunci Belanda vs Argentina di babak perempat final Piala Dunia 2022:

1. Lionel Messi vs Virgil van Dijk

Lionel Messi menjadi tumpuan lini depan Argentina di Piala Dunia 2022. Tanggung jawab itu mampu diemban pengoleksi tujuh Ballon d’Or dalam menggedor pertahanan lawan.

Messi sudah menyumbang tiga gol untuk Tim Tango dari empat pertandingan terakhir. Kegemilangannya membuahkan dua predikat man of the match.

Saat melawan Belanda, Messi diperkirakan bakal kembali menjadi andalan Argentina sebagai kapten sekaligus mesin gol. Namun, ada rintangan di lini belakang Belanda yang dikawal Virgil van Dijk.

Bek Liverpool itu memegang peran penting dalam menjaga benteng pertahanan timnas Belanda. Saat melawan Amerika Serikat, pemain 31 tahun itu mencatat tiga blok dan empat clearances.

Van Dijk juga apik dalam menyusun serangan dari belakang dengan catatan 90 persen operan sukses kontra AS. Eks bek Southampton itu bakal menjadi tembok kokoh bagi Messi.

Pertandingan Belanda vs Argentina diprediksi bakal menghadirkan tiga duel kunci para pemain kedua kubu. (REUTERS/PAUL CHILDS)

2. Cody Gakpo vs Nicolas Otamendi

Cody Gakpo adalah pemain kunci timnas Belanda di Piala Dunia 2022. Selalu mencetak gol di tiga pertandingan babak penyisihan menandakan Gakpo punya insting yang tajam.

Pemain 23 tahun itu tidak canggung meski Piala Dunia 2022 adalah edisi pertama baginya. Duet dengan Memphis Depay membuat Gakpo tampil lepas di lini depan.

Gakpo juga selalu dipercaya sebagai starter di gempita bola dunia 2022. Selain itu, pemain PSV Eindhoven tersebut juga serba guna karena mampu bermain sebagai penyerang, winger, dan gelandang serang.

Namun pergerakan Gakpo diperkirakan bakal sulit karena kehadiran bek berpengalaman Argentina, Nicolas Otamendi. Sejauh ini Otamendi memegang peran penting dalam mencegah lawan mencetak gol.

Kerja sama Otamendi bersama Sergio Romero sejauh ini begitu diandalkan oleh pelatih Lionel Scaloni. Argentina juga masih punya Lisandro Martinez di bangku cadangan yang siap bermain kapan saja.

 

3. Denzel Dumfries vs Alexis Mac Allister

Denzel Dumfries mencatat performa apik untuk timnas Belanda kontra di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Pemain Inter Milan itu mencatat dua assist dan satu gol dari kemenangan 3-1 kontra AS.

Berposisi asli sebagai bek kanan, pemain 26 tahun itu juga bisa menjadi motor serangan dari sisi lapangan sebagai sayap. Kemampuan berlari dan visi bermain menjadi kekuatan utama Dumfries.

Eks pemain PSV itu kemungkinan kembali tampil sebagai starter kontra Argentina. Namun, dirinya bakal menemui rintangan dari lawan, salah satunya Alexis Mac Allister.

Sejauh ini Mac Allister kerap bergerak melebar ke sisi kiri meski diplot sebagai gelandang. Selain berperan mendistribusikan bola, pemain Brighton and Hove Albion itu juga memiliki penyelesaian apik ketika menyumbang satu gol ke gawang Polandia.

Persaingan Mac Allister dan Denzel Dumfries kemungkinan kuat bakal terjadi di pertandingan Belanda vs Argentina. Bentrok kedua pemain bakal menjadi sajian yang menarik.

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia