Perut buncit memang bikin tak pede. Tapi, Anda bisa mengatasi perut buncit dengan beberapa cara alami.

Ada beberapa ramuan herbal untuk mengecilkan perut buncit. Ramuan-ramuan tersebut dapat Anda buat di rumah dengan mudah.

Perut buncit atau yang dikenal juga dengan istilah obesitas sentral umumnya disebabkan oleh penumpukan lemak. Penyebabnya adalah konsumsi karbohidrat, kolesterol, hingga lemak dalam jumlah yang tinggi tanpa diimbangi dengan aktivitas fisik yang cukup.

Olahraga-olahraga tertentu seperti sit-up memang bisa jadi salah satu cara menghilangkan lemak dalam perut. Namun, itu saja tak cukup. Anda perlu mengimbanginya dengan mengatur apa yang dikonsumsi.

Ramuan Herbal untuk Perut Buncit

Selain pola makan yang tepat, Anda juga bisa mengatasi perut buncit dengan konsumsi beberapa minuman herbal.

Mengutip berbagai sumber, berikut beberapa ramuan herbal untuk mengecilkan perut buncit.

1. Teh kayu manis

Mengutip Health Shots, kayu manis disebut memberikan dampak signifikan dalam mengusir lemak perut. Kayu manis dapat mempercepat laju metabolisme tubuh yang pada akhirnya membantu menurunkan berat badan.

Cara membuat

– Masukkan kayu manis ke dalam secangkir teh hangat.
– Buat minuman infus kayu manis. Diamkan air yang telah dimasukkan kayu manis selama 60 menit, lalu minum. Anda bisa menambahkan sedikit madu untuk memperkaya rasa.

2. Air tulsi atau kemangi suci

Ilustrasi. Rendaman daun tulsi, salah satu ramuan herbal untuk perut buncit. (iStockphoto/lynnebeclu)

Masyarakat India percaya bahwa daun tulsi atau kemangi suci dapat membantu mendetoksifikasi tubuh dan meningkatkan metabolisme. Mengutip NDTV, daun ini juga dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan.

Cara membuat

– Masukkan beberapa daun tulsi ke dalam segelas air dan diamkan semalaman. Minum ramuan ini di pagi hari.
– Rebus daun tulsi dalam air mendidih selama 10 menit. Masukkan jahe segar yang telah dicincang. Tunggu hingga mendidih dan minum.

3. Air jahe

Jahe merupakan salah satu rempah terbaik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Asupan jahe dapat membantu meningkatkan metabolisme yang dapat mendorong proses penurunan berat badan.

Cara membuat

– Masukkan 1/2 sdt jahe parut dan rebus dalam tiga gelas air. Rebus setidaknya selama 10 menit dan minum selagi hangat.

4. Air adas

Sama seperti yang lainnya, biji adas membantu pencernaan dan proses metabolisme tubuh yang mendukung penurunan berat badan. Biji adas juga cukup efektif dalam membantu mengatasi kelebihan air dalam tubuh.

Cara membuat

– Buat minuman infus biji adas. Masukkan biji adas ke dalam air dan diamkan selama semalam. Coba minum di pagi hari.

5. Air fenugreek

Biji fenugreek terbukti dapat mengatasi disfungsi metabolisme. Mengutip Style Craze, ekstrak biji fenugreek juga membantu mengurangi konsumsi lemak.

Cara membuat

– Buat minuman infus fenugreek. Masukkan biji fenugreek dalam air dan diamkan selama semalam. Minum campuran ini di pagi hari saat perut kosong.

6. Teh rosella

Ilustrasi. Teh rosella, salah satu ramuan herbal untuk perut buncit. (Istockphoto/Ashwin PK, Rahul Vellithodi)

Teh hibiscus atau rosella dapat membantu menurunkan berat badan. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak rosella dapat membantu mengurangi obesitas sentral, mengatasi penumpukan lemak, hingga menekan hormon yang memicu rasa lapar.

Cara membuat

– Coba buat teh hibiscus. Masukkan bunga rosella kering ke dalam air mendidih dan biarkan selama 5-6 menit. Saring bunganya dan tambahkan madu untuk menambahkan rasa.

7. Teh jinten

Sebuah penelitian menemukan bahwa bubuk jinten dapat membantu mengurangi indeks massa tubuh (BMI), lingkar pinggang, kadar trigliserida, hingga persentase lemak tubuh.

Cara membuat

– Rendam 1 sdt biji jinten dalam air semalaman. Panaskan air di pagi hari, saring dan tambahkan madu untuk memperkaya rasa,

Demikian beberapa ramuan herbal untuk mengecilkan perut buncit yang bisa Anda coba di rumah. Selamat mencoba!

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia