Sekretaris Daerah Provinsi Kepri Adi Prihantara.

Sekretaris Daerah Provinsi Kepri Adi Prihantara membuka kegiatan Pelatihan Pengembangan UMKM dan Kewirausahaan di Ballroom Hotel Golden View Bengkong, Batam, Senin (5/12/2022).

Kegiatan juga disejalankan dengan penandatanganan nota kesepahaman, pengembangan dan pembinaan kewirausahaan antara Pemprov Kepri dan sejumlah perguruan tinggi.

Sekdaprov Adi mengatakan, sebagai pelaku perekonomian yang telah terbukti bisa bertahan di tengah hantaman pandemi Covid-19 lalu, perlu bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah terus mendapatkan pelatihan dan ketrampilan.

Tujuannya, agar pelaku UMKM ini bisa terus bertahan dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin luas. Karena mereka sebagai penggerak roda ekonomi yang riil, telah terbukti nyata memberi kontribusi bagi kemajuan perekonomian Indonesia.

Sekdaprov juga menjabarkan tentang tujuan pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Kepri. Salah satunya, upaya mensejahterakan masyarakat, dengan cara peningkatan perekonomian semua lapisan masyarakat.

Sekdaprov Adi Prihantara memberikan motivasi kepada para peserta pelatihan yang terdiri pelaku usaha dan adik-adik mahasiswa, dengan mengutip falsafah Jawa, yakni bekerjalah dengan produktif dan efektif, meski harus menggunakan dengkul dan gundul.

“Yang bermakna, mesti harus bekerja seadanya mengandalkan kekuatan yang dimiliki, tapi punya target bisa meraih kesuksesan, dengan cara bekerja keras dan pantang menyerah dan terus belajar dari pengalaman, guna meraih kesuksesan yang diimpikan,” jelasnya.

Kadis Koperasi dan UMKM Pemprov Kepri Agus Nawarman mengatakan, pelatihan sendiri dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada para peserta, tentang program-program pemerintah dalam upaya pengembangnan wira usaha.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan Peluruncuran Gerakan Membina Wirausaha (Gembira) yang nantinya, akan menggandeng juga mitra lain seperti BUMN dan BUMD guna mau menjadi mitra sekaligus mentor, agar para pelaku usaha bisa terus eksis.

Editor: HER