Ilustrasi. Memiliki ruang tamu yang luas memberikan Anda keleluasaan untuk mengatur. (Foto: Stockphoto/hikesterson)

Siapa bilang memiliki ruang tamu yang luas membuat kita lebih mudah menatanya? Memang, memiliki ruang tamu yang luas akan memudahkan kita untuk meletakkan banyak barang.

Namun nyatanya, punya ruang tamu berukuran luas terkadang membuat pemilik rumah justru merasa kebingungan untuk bisa mendekorasinya dengan baik. Berikut tips mudah dekorasi ruang tamu yang luas agar tetap nyaman.

Ruang tamu menjadi salah satu bagian rumah yang paling penting. Jika ruang tamunya terlihat nyaman dan elok, maka kemungkinan besar bagian rumah lainnya pun sama indahnya.

Meski ruang tamu Anda memiliki ukuran yang luas, tetapi dekorasi maupun penataannya juga perlu disesuaikan. Hal inilah yang membuat Anda perlu menentukan dekorasi yang pas dan cocok untuk diaplikasikan di ruang tamu Anda yang luas.

Dilansir dari Mydomain, berikut rekomendasi ide dekorasi ruang tamu yang luas dan bisa diterapkan di rumah.

1. Pilih perabot yang besar dan tebal

Jika luas ruang tamu cenderung sempit, maka idealnya Anda harus memilih perabot yang kecil dan tipis. Sebaliknya, ruang tamu yang luas membuat Anda leluasa menggunakan perabot yang besar.

Penggunaan perabot yang besar dan tebal akan memberi kesan ruang tamu yang luas terlihat berisi dan proporsional. Anda bisa memilih sofa dan meja tamu dengan ukuran yang besar.

Agar bisa menyatu dengan ruangan, maka sebaiknya pilihlah sofa dan meja tamu dengan warna yang netral, seperti krem, putih gading, atau abu-abu. Lengkapi dengan lampu gantung kristal dengan ukuran besar untuk menambah pencahayaan sekaligus menambah detail mewah pada ruang tamu.

 

2. Gelar karpet besar

Ilustrasi. Tips dekorasi ruang tamu yang luas dengan menggelar karpet besar (Foto: iStockphoto/Liudmila Chernetska)

Memiliki ruang tamu yang luas membuat semua sudut yang ada di dalam rumah menjadi terlihat nyata. Dengan menggelar karpet besar, maka dapat mengisi kesan kosong pada ruang tamu yang luas.

Selain itu, menggunakan karpet besar dengan tema yang sesuai dapat mendukung konsep yang Anda pilih semakin kuat sekaligus membuat suasana jadi lebih hangat.

3. Atur area tempat duduk

Jika Anda kesulitan menemukan perabot yang besar atau ruang tamu masih saja terasa luas, maka Anda bisa membagi beberapa area tempat duduk.

Tambah sebuah area tempat duduk di sudut, berbeda dengan area sofa utama. Di area duduk sudut ini Anda bisa lengkapi dengan berbagai macam pernak-perniknya misalnya rak buku, tanaman, atau lainnya.

Nilai plus dengan adanya dua area tempat duduk ini adalah Anda bisa memilih area mana yang digunakan untuk menyambut tamu mungkin belum Anda kenal dan satu area lagi untuk Anda gunakan menyambut tamu dekat seperti keluarga atau kerabat dekat.

4. Pencahayaan yang tepat

Ide dekorasi ruang tamu yang luas berikutnya adalah dengan memilih pencahayaan yang tepat. Sebab bagaimanapun ruang tamu yang luas juga menuntut pencahayaan yang bagus pula.

Karena jika salah dalam menentukan pencahayaan, maka akan membuat sudut-sudut ruang tamu menjadi singup karena lebih gelap. Gunakanlah lampu kecil pada bagian-bagian yang tak ter-cover dengan lampu tambahan gantung atau standing lamp.

 

5. Tempatkan beberapa tanaman

Ilustrasi. Tips dekorasi ruang tamu yang luas dengan meletakkan tanaman di area sudut (Foto: Stockphoto/svetikd)

Menempatkan beberapa tanaman di ruang tamu mungkin hal yang anda hindari saat memiliki ruang yang sempit. Namun sebaliknya, saat memiliki ruang tamu yang luas, tanaman bisa menjadi dekorasi yang pas untuk membuat ruangan menjadi lebih hidup.

Selain membuat ruang tamu menjadi lebih estetik, dengan menempatkan beberapa jenis tanaman juga akan membantu menyediakan oksigen yang akan membuat ruang tamu tersebut menjadi lebih sejuk dan segar.

6. Beri hiasan pada sisi-sisi ruangan

Saat memiliki ruang tamu yang luas, fokus Anda jangan hanya terletak pada area tengah saja, namun juga pikirkan sisi ruangan.

Kesalahan yang banyak dilakukan pada saat mendekorasi ruang tamu yang luas adalah mengabaikan bagian sisi ruangan yang mungkin dianggap tak terlalu penting.

Padahal ini keliru, mengabaikan sisi-sisi ruangan justru akan membuat ruang tamu Anda menjadi kosong dan terlihat kurang menarik. Padahal untuk membuatnya terlihat lebih estetik ini cukup mudah.

Gantungkan saja beberapa lukisan atau foto di dinding dan tempatkan beberapa vas, guci antik kesayangan Anda, atau mungkin meja kecil untuk sudut ruangan.

Memiliki ruang tamu yang luas atau sempit sejatinya bukanlah sebuah masalah, yang terpenting adalah Anda mampu menata ruang tamu tersebut agar terlihat nyaman dan enak dipandang.

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia