Forum Dekan Teknik se Indonesia gelar pertemuan nasional di Batam.

Gabungan Dekan Fakultas Teknik Universitas Batam dan Universitas Ibnu Sina didaulat menjadi tuan rumah pelaksanaan Dean’s Course 2022 Angkatan II sesi II, Jumat (25/11/2022).

Kegiatan Forum Dekan se Indonesia ini berlangsung di Ballroom Planet Holiday Hotel Kota Batam dan dibuka Walikota Batam, diwakili Suhar selaku Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Pemko Batam.

Pelaksanaan kegiatan Forum Dekan Teknik Indonesia (FDTI) ini terbilang rutin dilaksanakan dua kali dalam setahun. Sebelumnya angkatan pertama sesi pertama dilaksanakan di Fakultas Teknik UGM Yogyakarta dan Fakultas Teknik Universitas Mulawarman Samarinda.

Ketua Panitia Pelaksana FDTI Dr. Ir. Edi Indera mengatakan, tahun 2022 ini merupakan pelaksanaan angkatan kedua.

“Batam menjadi pilihan para FDTI. Batam ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan tentunya tidak lepas dari dukungan Dekan Fakultas Teknik dari Universitas Batam, Ibnu Sina, ITEBA, UIB, Unrika dan Putra Batam,” kata Edi Indera.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Batam itu menambahkan, ada 50 lebih peserta yang hadir. Semuanya merupakan Dekan Fakultas Teknik dari universitas yang tersebar di Indonesia, mulai dari timur hingga bagian barat.

Sememtara Wakil Ketua Forum Dekan Teknik Indonesia, Prof. Dr. Ir. Tatacipta Dirgantara menjelaskan, FDTI ini bertujuan untuk membangun jejaring dan kolaborasi diantara dekan fakultas teknik di Indonesia.

Acara para dekan fakultas teknik ini sebagai bentuk Tri Dharma Pendidikan untuk menjalin persatuan dan kesatuan kesamaan visi dan misi membangun Indonesia.

Secara khusus kegiatan Deans Course ini juga memberikan pemahaman bagaimana mengembangkan fakultas-fakultas teknik di Indonesia.

“Pada sesi pertama ini kita memberikan pandangan bagaimana posisi FDTI terkait dengan globalisasi tantangan Indonesia kedepan. Kemudian yang lebih detail lagi bagaimana kita merencanakan program baik itu menyangkut kegiatan, keuangan dan bagaimana membangun sinergitas dengan para pemangku kepentingan,” ucap Dekan Fakutas Teknik ITB itu.

Tatacipta Dirgantara berharap, di sesi kedua ini peserta nantinya akan mengumpulkan tugasnya yang akan di persentasikan dan diskusikan bersama dengan harapan akan memperoleh wawasan yang baru dan pengetahuan serta kemampuan untuk merencanakan program guna membangun fakultas tekniknya di universitas yang tersebar di Indonesia.

Rencananya forum perwakilan para Dekan Teknik ini akan terus berlanjut pada angkatan ketiga di tahun depan.

Editor: WIL