Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kepulauan Riau menerima penghargaan terbaik 2 nasional untuk video ‘Kerja Nyata Untuk Kepri Terang’ yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo RI. Penyerahan penghargaan dilaksanakan di Marriott Hotel, Yogyakarta, Kamis (24/11/2022).

Kepala Dinas Kominfo Kepri Hasan hadir menerima  penghargaan tersebut yang diberikan Menteri Kominfo RI Joni G Plate. Kominfo DKI Jakarta di posisi pertama dan Kominfo Jawa Barat di posisi ketiga.

Menteri Kominfo RI Joni G Plate mengatakan bahwa informasi yang akurat merupakan kunci dalam mngatasi sebuah krisis.

Menurutnya, saat ini  46 persen masyarakat Indoneaia percaya dengan berita yang dia baca. Sedangkan  tercatat sebanyak 10.961 berita  hoax selama 2022 ini.

Peran Govermen Publik Relatiin (GPR) dalam mnyajikan informasi yang akurat dan faktual mnjadi krusial untuk dilakukan secara kontinyu.

“Peran utama GPR adalah sebagai jembatan utama komunikasi pemerintah kepada masyarakat. Maka dari itu GPR harus kuat, tahan dan canggih. Selain
sebagai jembatan komunikasi, juga sebahai penampung aspirasi publik dan membantuk image pemerintah,” kata Joni.

Di tengah cepatnya laju informasi, masih Joni, peran humas pemerintah adalah bagaimana konsisten menyajikan ingormasi yang benar dan meluruskan informasi yang tersebar di masyarakat.

“Humas harus mampu mengedukasi dan mengarahkan masyarakat terhadap sumber informasi yang akurat dan kredibel. Kebijakan dan kegiatan pemerintah agar sampai secara efektif dan efesien kepada masyarakat,” ujarnya.

Dalam bertugas, humanisme seorang GPR penting untuk dikedepankan. Karena kehumasan menjadi tulang punggung pemerintah di dalam setiap proses komunikasi, klarifikasi serta edukasi terkait dengan segala informasi.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Kepri Hasan mengaku berterimakasih kepada seluruh tim Kominfo Kepri, baik yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung atas anugerah yang baru dicapai tersebut.

“Terterimakasih kepada Kementerian Kominfo RI yang telah menyelenggarakan kegiatan Anugerah Media Humas (AMH) 2022 ini. Kegiatan seperti ini jelas merupakan sebuah motivasi bagi kami untuk terus memperbaiki diri dengan cara berkompetisi secara positif,” kata Hasan.

“Terimakasih juga kepada seluruh tim di Dinas Kominfo Kepri tanpa terkecuali dan yang terpenting terimakasih kepada bapak Gubernur, Wakil Gubernur dan Sekretaris Daerah atas bimbingannya selama ini,” pungkas Hasan.

Editor: HER