Kylian Mbappe selebrasi usai mencetak gol ke gawang Australia di Piala Dunia 2022. (REUTERS/ISSEI KATO)

Timnas Prancis berhasil menang besar 4-1 atas Australia pada pertandingan Grup D Piala Dunia 2022.

Prancis menghadapi Australia pada pertandingan perdananya di Grup D yang digelar di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Rabu (23/11/2022) dini hari WIB.

Sejak awal permainan Prancis mampu menguasai jalannya permainan. Namun Les Bleus harus tertinggal lebih dulu pada menit kesembilan lewat gol Craig Goodwin meneruskan umpan Mathew Leckie. Australia unggul 1-0 atas Prancis.

Prancis mencoba meningkatkan intensitas serangan. Alhasil pada menit ke-27 Les Bleus mampu mencetak gol penyeimbang lewat gol Adrien Rabiot. Prancis 1-1 Australia.

Lima menit kemudian Prancis berhasil menambah skor lewat Olivier Giroud.

Giroud berhasil menceploskan bola ke gawang Australia yang kosong usai menerima umpan dari Rabiot setelah sukses merebut bola dari kaki lawan yang melakukan blunder ketika build up.

Prancis kemudian hampir menambah keunggulan pada menit ke-42 setelah tembakan keras Antoine Griezmannhanya melenceng tipis di sisi kanan tiang gawang Australia.

Dua menit kemudian Prancis juga mampu mengancam gawang Australia lewat tembakan keras Mbappeyang masih meluncur tipis di atas mistar gawang tim Les Bleus.

Lalu tiga menit kemudian gelandang Prancis Jackson Irvine juga hampir membobol gawang Prancis setelah tandukannya hanya membentur tiang gawang.

Hingga pertandingan berakhir tak ada gol tambahan yang mampu diciptakan kedua tim. Prancis unggul 2-1 atas Australia di babak pertama Piala Dunia 2022.

Pada babak kedua Prancis tidak mengendurkan serangan. Tekanan yang bertubi-tubi akhirnya membuat Prancis berhasil menambah keunggulan pada menit ke-67 lewat gol Kylian Mbappe.

Meneruskan umpan Dembele dari sisi kanan Mbappe mampu memaksimalkannya lewat sundulan yang menjadi gol. Prancis unggul 3-1 atas Australia.

Prancis berhasil menambah keunggulan pada menit ke-72 lewat gol Olivier Giroud. Giroud kali ini mencetak gol lewat sundulan usai meneruskan umpan Mbappe.

Les Bleus berhasil beberapa kali mengancam gawang Australia, namun tidak satu pun menjadi gol. Prancis pun menutup laga dengan kemenangan 4-1 atas Australia.

Susunan Pemain

Prancis XI: Lloris; Pavard, Konate, Upamecano, Hernandez; Rabiot, Tchouameni; Dembele, Griezmann, Mbappe, Giroud

Australia XI: Ryan; Atkinson, Souttar, Rowles, Behich; Leckie, Irvine, Mooy, McGree, Goodwin; Duka

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia