Ilustrasi. Cara mengatasi ejakulasi dini pada pria secara alami (Foto: iStockphoto/dragana991)

Studi menunjukkan ada beberapa cara mengatasi ejakulasi dini pada pria secara alami tanpa obat. Melansir Healthline, ejakulasi dini sendiri adalah kondisi ketika air mani dari penis pria keluar lebih cepat dari yang diharapkan setelah orgasme.

Namun, tolok ukur cepat-tidaknya ini terbilang relatif karena setiap orang punya standar yang berbeda-beda. Studi menunjukkan kondisi ejakulasi dini wajar terjadi. Bahkan, ejakulasi dini terjadi di satu dari tiga pria berusia 18-59 tahun.

Kendati begitu, ejakulasi dini bukan disfungsi ereksi, meski sering dianggap demikian. Sebab, disfungsi ereksi mengacu pada masalah yang membuat pasangan tidak menikmati aktivitas seksual sepenuhnya.

Hal ini umumnya karena pria tidak mampu mencapai atau mempertahankan ereksi yang memuaskan. Sementara ejakulasi dini biasanya sudah mencapai ereksi, hanya keluarnya air mani terasa lebih cepat.

Gejala ejakulasi dini biasanya berupa ketidakmampuan mengatur atau menunda ejakulasi lebih dari satu menit setelah penetrasi di tengah hubungan seksual. Artinya, pria mengalami klimaks yang lebih cepat.

Beberapa penyebab ejakulasi dini, yaitu:

  • Pertambahan usia
  • Berkurangnya kepercayaan diri
  • Depresi
  • Riwayat pelecehan seksual
  • Kecemasan
  • Pengalaman memiliki pasangan yang tak pernah puas
  • Tingkat abnormal hormon tertentu
  • Efek konsumsi bahan kimia tertentu
  • Peradangan prostat atau uretra

Cara Mengatasi Ejakulasi Dini

Ilustrasi. Cara mengatasi ejakulasi dini pada pria secara alami (Foto: iStock/Diy13)

Mengutip Healthline, berikut beberapa cara mengatasi ejakulasi dini tanpa bantuan obat.

1. Minta pasangan atur ritme rangsangan

Cara mengatasi ejakulasi dini pada pria secara alami tanpa obat bisa dengan meminta pasangan mengatur ritme rangsangan saat berhubungan intim. Hal ini dikenal juga dengan istilah start and stop.

Jadi, mintalah pasangan merangsang penis Anda sampai Anda hampir mengalami ejakulasi atau start. Setelah itu, mintalah agar pasangan menghentikannya alias stop sebelum ejakulasi terjadi.

Lalu, minta pasangan untuk mengulangi start and stop rangsangan tersebut. Lakukan hal ini sampai beberapa kali sampai akhirnya Anda berejakulasi.

Latihan ini bisa dilakukan sebanyak tiga kali seminggu sampai Anda mampu mengontrol ejakulasi Anda agar tidak keluar lebih cepat dan sesuai waktu yang diinginkan.

2. Latihan dasar panggul

Latihan dasar panggul juga bisa menjadi cara mengatasi ejakulasi dini pada pria. Latihan ini dilakukan untuk melatih otot-otot panggul yang bisa mempengaruhi ejakulasi dini.

Caranya, coba hentikan aliran air kencing di tengah buang air kecil. Nantinya, otot-otot di sekitar penis akan terlatih untuk menahan air mani untuk keluar lebih awal.

 

3. Minta pasangan meremas penis dengan kencang

Ilustrasi. Cara mengatasi ejakulasi dini, salah satunya minta pasangan meremas penis dengan kencang (Foto: iStockphoto)

Cara mengatasi ejakulasi dini saat berhubungan juga bisa dengan meminta pasangan untuk meremas penis Anda dengan kencang. Hal ini bisa dilakukan dari sebelum penis ereksi sampai ereksi mulai melemah lagi.

Hal ini akan membantu Anda menyadari sensasi sebelum klimaks, sehingga Anda bisa mengontrol ejakulasi dengan lebih baik, termasuk untuk menundanya agar air mani tidak keluar lebih cepat.

4. Lakukan senam kegel

Salah satu cara mengatasi ejakulasi dini adalah dengan melakukan senam kegel pria. Caranya, kencangkan otot dasar panggul Anda selama tiga hitungan.

Kemudian, rilekskan selama tiga hitungan. Lakukan cara ini sampai 10 pengulangan per hari selama beberapa hari berturut-turut. Hal ini juga bisa melatih kemampuan Anda menahan ejakulasi.

5. Gunakan kondom

Cara alami mengatasi ejakulasi dini lainnya adalah dengan mengurangi sensitivitas terhadap penis dengan menggunakan kondom.

Dengan kondom, pria mungkin saja bisa mempertahankan ereksi lebih lama karena kulit penis tidak secara langsung menyentuh bagian dalam vagina wanita.

6. Coba posisi seks baru

Ilustrasi. Cara mengatasi ejakulasi dini, salah satunya coba posisi seks baru (Foto: iStockphoto/theevening)

Sejumlah pakar menyebut posisi seks baru dapat membantu pria bertahan lebih lama di tempat tidur, sehingga tidak mengalami ejakulasi dini.

Beberapa posisi seks baru bisa membuat sensitivitas penis tidak langsung meningkat dalam waktu cepat. Selain itu, Anda juga bisa mencoba suasana dan sensasi berhubungan intim yang baru. Hal ini bisa menjadi cara mengatasi ejakulasi dini secara alami.

7. Terapi pikiran

Ejakulasi dini juga bisa diatasi dengan terapi pikiran. Biasanya, terapi yang dilakukan menggunakan pendekatan terapi kognitif dan perilaku (Cognitive Behavioral Therapy/CBT).

Harapannya, orang yang ikut terapi ini mampu menunda ejakulasi dengan teknik-teknik yang diajarkan oleh terapis.

Beberapa langkah terapi pikiran untuk masalah ejakulasi dini dimulai dari mengubah pola pikir negatif, menjalin hubungan yang lebih erat dengan pasangan, sampai melatih perubahan perilaku. Namun sebaiknya, konsultasikan hal ini ke terapis yang ahli di bidangnya.

Demikian tujuh cara mengatasi ejakulasi dini pada pria secara alami. Semoga bermanfaat.

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia