Ilsutrasi. Seni rupa merupakan induk berbagai macam seni. Berikut pengertian, fungsi, unsur serta prinsip seni rupa. (Foto: iStockphoto/Nataliia Pyzhopa)

Kehidupan manusia tidak lepas dari seni, yaitu perbuatan manusia yang timbul dan bersifat indah, menyenangkan, dan dapat menggerakkan jiwa manusia. Salah satu cabangnya yakni seni rupa.

Pengertian seni rupa adalah ungkapan gagasan dan perasaan manusia yang diwujudkan melalui pengolahan media dan penataan elemen serta prinsip-prinsip seni. Bisa dikatakan, seni rupa merupakan realisasi imajinasi yang tanpa batas.

Seni rupa merupakan induk dari berbagai macam seni, mulai dari seni lukis, seni gambar, seni patung, desain, seni kriya, dan banyak lagi. Semua karya seni rupa ini bisa ditangkap oleh mata dan dirasakan dengan rabaan.

Agar kamu semakin memahami konsep dasar seni rupa, berikut ulasan mengenai jenis, fungsi, unsur, beserta prinsip pada seni rupa.

Jenis Seni Rupa

Melansir Buku Modul Prinsip Karya Dua Dimensi Seni Budaya Paket C Setara SMA/MA Kelas XII Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi, jenis seni rupa ada dua, yakni seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi.

1. Seni Rupa Dua Dimensi

Pengertian seni rupa dua dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki dua ukuran, yaitu panjang dan lebar. Contoh seni rupa dua dimensi, yaitu gambar, lukisan, seni grafis, dan desain komunikasi visual.

2. Seni Rupa Tiga Dimensi

Sementara pengertian seni rupa tiga dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki tiga ukuran, terdiri atas panjang, lebar, dan ruang atau volume. Contohnya, patung, pajangan, dan lainnya.

Fungsi Seni Rupa

Fungsi seni rupa ada dua, terdiri atas seni rupa murni dan seni rupa terapan.

1. Seni Rupa Murni

Pengertian seni rupa murni adalah karya seni yang bertujuan untuk kebutuhan spiritual. Artinya, seni itu lahir dari proses kreatif dan pengalaman batin seniman yang dilandasi nilai estetis yang dihargai dengan apresiasi oleh seniman dan penikmat seni.

Karya seni murni kemudian diberi nilai dengan sejumlah harga. Contohnya, karya seni lukis dan seni patung konvensional.

2. Seni Rupa Terapan

Pengertian seni rupa terapan, yakni karya seni rupa yang bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan praktis atau memenuhi kebutuhan sehari-hari berdasarkan keadaan pasar dan nilai estetis.

Singkatnya, karya seni ini merupakan produk benda pakai masyarakat banyak. Ciri khas seni rupa terapan adalah ada aspek komersial yang menjadi landasan pengembangan ekonomi kreatif.

Unsur-Unsur Seni Rupa

Pengertian unsur seni rupa adalah semua bagian yang mendukung terwujudnya suatu karya seni rupa, yang terdiri atas unsur fisik dan nonfisik.

1. Unsur Fisik

Unsur fisik terdiri atas titik, garis, bidang dan bentuk, ruang, tekstur, warna, dan gelap terang.

2. Unsur Nonfisik

Unsur nonfisik terdiri atas perasaan, pandangan, pemikiran, dan gagasan atau karakter yang terungkap dalam karya seni rupa tersebut. Unsur ini biasanya tidak dipahami secara visual, namun dapat dirasakan.

Prinsip Seni Rupa

Pengertian prinsip seni rupa adalah ketentuan dasar yang menunjang semua unsur seni rupa agar dapat menjadi sebuah karya yang memiliki nilai seni.

Prinsip dasar seni rupa, terdiri atas komposisi, proporsi, kesatuan, keseimbangan, irama, keselarasan, penekanan, dan titik fokus.

Demikian pengertian seni rupa, jenis, fungsi, unsur, dan prinsipnya. Semoga bermanfaat.

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia