Ilustrasi. Lidah mertua, salah satu tanaman yang ampuh mengusir debu di rumah. (iStockphoto/Prostock-Studio)

Debu ada dimana-mana, bahkan di dalam rumah Anda.

Cara paling umum untuk membersihkan debu adalah menyapu atau mengepel area rumah. Tapi ternyata bukan hanya itu, tanaman tertentu yang disimpan di rumah juga ampuh membersihkan debu.

Media tanaman untuk membersihkan debu telah terbukti secara ilmiah. Menukil laman Hunker, NASA pernah melakukan penelitian terkait tanaman untuk membersihkan debu.
Dalam penelitian itu mereka menemukan bahwa tanaman hias ampuh mengurangi debu hingga 20 persen.

Berikut ini beberapa jenis tanaman yang bisa Anda simpan di rumah. Percayalah, tanaman ini bisa mengurangi tingkat debu di dalam rumah.

1. Pohon palem kurma

Pohon kurma adalah tanaman yang bisa dijadikan tanaman hias. Tanaman ini juga terbukti sangat efektif dalam menghilangkan debu dari udara.

Perawatan pohon kurma juga tergolong mudah. Pohon ini tak perlu disiram setiap hari. Tapi tetap, pohon ini bekerja lebih baik dalam menyerap partikel seperti debu jika dibandingkan dengan tanaman pemurni lainnya.

2. Ivy

Semua jenis ivy cocok ditanam di rumah untuk mengurangi debu. Ivy juga sangat mudah dirawat dan tumbuh dengan baik di dalam ruangan.

Selain menghilangkan debu dalam ruangan, ivy juga efektif menghilangkan formaldehida dan benzena.

3. Palem bambu

Ilustrasi. Palem bambu, salah satu tanaman yang ampuh mengusir debu di rumah. (iStockphoto/ablokhin)

Melansir HGTV, palem bambu atau palm alang-alang juga berguna untuk menghilangkan debu di sekitar rumah. Sama seperti ivy, palem bambu bisa menyerap zat berbahaya seperti benzena dan formaldehida.

4. Bunga Daisy

Bukan cuma memberikan keindahan di ruangan rumah, tanaman ini juga bisa menyerap zat benzena dari polusi di rumah.

Tapi, Anda harus membuat tanaman ini tetap hangat meskipun ditanam di rumah.

5. Lidah mertua

Lidah mertua adalah tanaman hias yang bagus untuk pemula. Tanaman ini juga dapat bertahan dalam beberapa kondisi terberat, termasuk berbagai suhu dan kondisi cahaya.
Tentunya, tanaman ini juga bisa menyerap debu di rumah.

6. Lidah buaya

Dikenal dengan sebutan aloe vera, tanaman ini terbukti memiliki banyak manfaat. Lidah buaya juga bisa digunakan untuk membersihkan udara dari benzena dan formaldehida.

Agar lidah buaya tumbuh dengan baik, dia membutuhkan banyak cahaya. Simpanlah lidah buaya di area yang terkena sinar matahari di rumah Anda.

7. Lili

Bunga lili terkenal karena bisa melawan gas beracun seperti formaldehida dan karbon monoksida. Bunga peace lily juga mudah dirawat.

Namun, mereka bisa sedikit beracun bagi hewan peliharaan dan manusia. Jadi penting untuk mencuci tangan setelah menyentuh tanaman.

Menukil berbagai sumber, bunga lili juga merupakan salah satu tanaman hias terbaik yang sulit mati dan dapat ditanam siapa saja. Bunganya yang indah akan menghidupkan ruangan, memberikan sentuhan khusus keindahan alam, kontras, tekstur, dan aroma.

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia