Kapal Tanker MT. Young Yong bermuatan minyak hitam yang kandas di perairan Pulau Nipa, Karimun berhasil dievakuasi.

Kapal Tanker MT. Young Yong yang membawa muatan minyak hitam dan sebelumnya kandas di perairan Pulau Nipa, Karimun akhirnya berhasil dievakuasi.

Proses evakuasi sendiri berhasil dilakukan, Kamis (10/11/2022) oleh salah satu unsur Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal IV Batam yakni KRI Silea-858 serta kapal tugboat (TB) atau kapal tunda TB Pelangi Escort, TB Maiden Center, TB Rawabi Opal, Logindo Stature, serta TB Sumber Tractor II.

“Kapal tanker berbendera Djibouti bermuatan crude oil tersebut telah berhasil dievakuasi. Proses evakuasi berhasil dilakukan sekitar pukul 10.00 WIB kemarin,” terang Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Lantamal IV Batam, Mayor Mar Hadi Siswanto, Jumat (11/11/2022).

Sebelum dievakuasi, pihak perusahaan dan instansi terkait sebelumnya melakukan pemindahan muatan secara Ship To Ship (STS).

Muatan kapal tanker tersebut kini telah dipindahkan ke MT. Simba, dan proses selanjutnya MT Young Yong ditarik menuju area lego PT. Asinusa.

Setelah kapal bisa bergerak, dilakukan towing yang bertujuan memindahkan kapal ke area lego PT Asinusa.

“Sebelum berhasil ditarik, muatan dipindahkan ke unit tanker lain. Kapl juga saat ini telah ditarik ke area PT. Asinusa,” paparnya.

Hadi melanjutkan saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan di area kandasnya kapal tanker MT. Young Yong tersebut.

Sampai dengan saat ini, belum ditemukan tumpahan minyak di area bekas kandasnya kapal, dan sampai saat ini juga belum ditemukan adanya kebocoran di lambung tengah maupun belakang.

“Kami juga masih memeriksa jalur pipa gas di area bekas kandasnya MT. Young Yong untuk memastikan tidak terjadi kebocoran,” lanjutnya.

Editor: WIL