Ilustrasi. (Foto: iStockphoto/guvendemir)

Ada banyak orang cerdas di dunia ini. Tapi adakah ciri-ciri orang cerdas yang bisa terlihat?

Sebelum melihat ciri-ciri orang cerdas, pertanyaan yang muncul adalah bagaimana kecerdasan seseorang diukur? Tentu saja salah satu jawabannya adalah lewat tes IQ. Penilaian ini secara khusus dirancang untuk mengukur bakat dan kemampuan.

Namun ciri-ciri orang cerdas tak hanya ditandai lewat IQ tapi juga lewat EQ. Inilah yang disebut sebagai kecerdasan emosional.

Mengutip Healthline berikut adalah beberapa istilah lain yang terkadang digunakan orang untuk menggambarkan kecerdasan:

1. kecerdasan emosional, bagaimana seseorang merespons emosinya sendiri dan orang lain
2. kecerdasan seksual, kesadaran akan konsep dan kompleksitas seksualitas
3. kecerdasan sosial

“Orang yang sangat cerdas adalah orang yang fleksibel dalam berpikir dan dapat beradaptasi dengan perubahan, mereka berpikir sebelum berbicara atau bertindak, dan mereka mampu mengelola emosi mereka secara efektif,” kata Catherine Jackson, psikolog klinis berlisensi dan ahli saraf bersertifikat kepada Bustle.

“Singkatnya, mereka memiliki beberapa jenis kecerdasan yang berbeda, termasuk tetapi tidak terbatas pada kecerdasan intelektual, sosial, dan emosional.”

Para peneliti telah melihat banyak kesamaan sifat yang dimiliki oleh orang-orang yang sangat cerdas. Misalnya, sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam British Journal of Psychology, menemukan bahwa orang yang sangat cerdas sebenarnya lebih suka menyendiri.

Ditemukan bahwa orang yang lebih pintar cenderung mengalami kepuasan hidup yang lebih rendah, semakin sering mereka bersosialisasi dengan teman. Menurut psikologi evolusioner, orang berevolusi menjadi cerdas untuk memecahkan masalah.

Jadi mereka yang lebih bahagia sendirian dianggap sangat cerdas karena mereka memiliki kemampuan untuk menghadapi tantangan sendiri tanpa membutuhkan bantuan apa pun.

Jadi apa ciri-ciri orang cerdas?

1. Punya empati tinggi

Empati, umumnya digambarkan sebagai kemampuan untuk mengalami sesuatu dari sudut pandang orang lain, adalah komponen kunci dari kecerdasan emosional.

Kecerdasan emosional mengacu pada kemampuan Anda untuk memahami emosi dan mengekspresikannya dengan cara yang sehat dan produktif.

Mengakui emosi Anda sendiri adalah langkah pertama yang penting; namun, orang dengan kecerdasan emosional yang tinggi umumnya memiliki kesadaran yang cukup baik tentang apa yang orang lain pikirkan dan rasakan juga.

Ilustrasi. (Foto: iStockphoto/guvendemir)

2. Menghargai kesendirian

Menurut Studi 2016 melihat potensi dampak persahabatan, kepadatan penduduk, dan kecerdasan pada kebahagiaan, orang dengan kecerdasan yang lebih besar merasa kurang puas dengan kehidupan ketika mereka menghabiskan lebih banyak waktu bersosialisasi dengan teman.

3. Ingin tahu lebih banyak

Mungkin penjelasan sederhana tidak pernah memuaskan Anda. Anda menikmati membaca, seni, dan menjelajahi bahasa dan budaya lain. Anda menghabiskan waktu berjam-jam surfing di internet untuk mengeksplorasi minat baru, atau membongkar sesuatu hanya untuk melihat cara kerjanya.

Keingintahuan Anda mungkin juga muncul sebagai minat pada kehidupan dan pengalaman orang lain tentang ciri-ciri orang cerdas.

“Orang-orang cerdas melibatkan hasrat mereka dan mengajukan pertanyaan seperti siapa, apa, kapan, di mana, bagaimana, mengapa, dan bagaimana jika,” kata Scott-Hudson.

4. Pengamat dan pengingat

Sering dipuji karena kekuatan pengamatan Anda? Mungkin Anda bukan Sherlock Holmes, tetapi memperhatikan apa yang terjadi di sekitar Anda masih dapat menunjukkan kecerdasan.

Memori kerja adalah kemampuan Anda untuk menyimpan dan bekerja dengan informasi tertentu. Dengan kata lain ini menjadi ciri-ciri orang cerdas karena punya daya ingat yang kuat.

“Di dunia di mana orang berbicara untuk membuktikan siapa mereka, orang yang sangat cerdas adalah kebalikannya. Alih-alih membual tentang pencapaian mereka atau memberi tahu orang-orang betapa benar pendapat mereka, mereka biasanya pendiam dan jeli,” katanya.

5. Kamu pandai mengelola emosimu

Setiap orang berurusan dengan emosi yang menyakitkan atau tidak diinginkan dari waktu ke waktu. Itu bagian normal dari kehidupan. Cara Anda menangani emosi itu dapat mengatakan banyak tentang emosi Anda.

Menurut Jackson, memiliki kontrol diri adalah tanda kecerdasan karena itu berarti Anda lebih cenderung berpikir sebelum berbicara atau bertindak. “Ketika [orang-orang ini] mengalami ketidaknyamanan dalam hidup mereka, mereka juga bekerja untuk memecahkan masalah dan mengurangi ketidaknyamanan dengan cepat,” katanya tentang ciri-ciri orang cerdas.

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia