Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kepri Adi Prihantara memimpin langsung upacara peringatan hari pahlawan tingkat Provinsi Kepri 2022 di lapangan upacara kantor Gubernur Kepri, Dompak Tanjungpinang, Kamis (10/11/2022).

Adi Prihantara bertindak sebagai inspektur upacara dengan komandan upacara adalah Mayor CBA Mojur Sitompul dari Korem/033 Wira Pratama.

Upacara hari pahlawan diikuti dari unsur TNI/Polri, Satpol PP, PNS, dan pelajar SMA Kota Tanjungpinang. Hadir juga Wakapolda Kepri Brigjen Pol. Agus Suharnoko dan Danlanud RHF Tanjungpinang Kolonel Nav. Arief Budiman serta perwakilan Forkopimda Kepri lainnya.

Hari Pahlawan diperingati setiap tahun pada tanggal 10 November. Hal ini adalah untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang untuk mengusir penjajah dari bumi Indonesia, puncaknya pada peristiwa heroik di Surabaya yaitu Pertempuran 10 November 1945.

Mengenang para pahlawan yang telah gugur ditandai dengan mengheningkan cipta dipimpin Adi Prihantara diiringi bunyi sirene selama 60 detik.

Adi Prihantara membacakan amanat Menteri Sosial RI Tri Rismaharini dalam rangka Hari Pahlawan tahun 2022.

Teladan dari para Pahlawan Bangsa
yang telah merasuk sukma, kiranya menjadi
semangat bersama di Peringatan Hari Pahlawan tahun ini, Pahlawanku Teladanku.

Dengan semangat “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, peringatan Hari Pahlawan 2022 diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu
dan membantu sesama tanpa memandang sekat.

“Mari kita jadikan momentum peringatan hari pahlawan tahun ini untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain. Mengisi
kemerdekaan dengan menjadi pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya,” kata Adi Prihantara.

“Ayo kita berantas kebodohan, perangi kemiskinan dan upaya pecah-belah bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Kita lawan paham radikal, kita tumbuh kembangkan semangat gotong royong untuk menyongsong masa depan yang cerah,” tambahnya.

Editor: HER