Ilustrasi. Dengan aplikasi musik ini, pengguna bisa mendengarkan lagu hanya lewat ponsel. (Foto: StockSnap/Pixabay)

Mendengarkan musik di zaman sekarang, tidak lagi menggunakan Compact Disc (CD) atau kaset, melainkan sudah beralih ke aplikasi musik yang bisa diunduh di ponsel pintar.

Pilihan aplikasi musik yang tersedia juga sangat banyak. Berikut rekomendasi aplikasi pemutar musik terbaik dan gratis.

Layanan aplikasi musik digital ini tidak sebatas menyajikan daftar lagu-lagu saja. Ada juga podcast, radio, hingga video musik eksklusif.

Kelebihan dari aplikasi musik digital yaitu sistemnya bisa diatur online atau offline. Pengguna bisa mendengarkan aneka lagu di mana saja dan kapan saja hanya lewat ponsel.

Melansir laman LifeWire, di bawah daftar rekomendasi aplikasi streaming musik digital terbaik 2022. Tersedia untuk pengguna Android, iOS, hingga Windows.

1. Pandora: Music and Podcasts

Pandora: Music and Poscasts adalah salah satu aplikasi terbaik untuk streaming musik. Aplikasi Pandora dilengkapi fitur layanan reguler dan premium berbayar.

Para penggunanya bisa mendengarkan berbagai genre musik sesuai dengan karakter masing-masing.

Tidak ketinggalan, setiap user Pandora juga akan mendapat informasi terkini seputar rekomendasi lagu-lagu terbaru yang paling hit.

2. Spotify

Sama seperti Pandora, Spotify masuk ke dalam jajaran aplikasi musik digital terbaik dengan aneka genre mulai dari rock, dangdut, pop, hingga berbagai artis.

Selain bisa membuat daftar lagu kesukaan, Anda dan user lain dapat menciptakan playlist lagu bersama sepuasnya.

Memiliki jutaan lebih koleksi lagu, Spotify menawarkan harga berlangganan yang sangat terjangkau, mulai dari Rp2 ribu.

3. iHeartRadio

Rekomendasi aplikasi pemutar musik terbaik selanjutnya ada iHeartRadio. Konsep iHeartRadio ini yaitu podcast, radio digital, serta streaming musik dalam satu aplikasi.

Aplikasi iHeartRadio sangat kompatibel untuk berbagai jenis perangkat dan pastinya tidak menampilkan iklan.

Ada banyak kategori musik yang bisa dipilih pengguna. Mulai dari musik hit era 80-an, 90-an, sampai yang paling terbaru juga tersedia.

4. SoundCloud

SoundCloud adalah aplikasi audio musik online yang memungkinkan penggunanya untuk mengungah, mempromosikan atau dan berbagi audio.

Setiap pengguna dapat menggungah lagu dengan berbagai macam format. Seperti AIFF, WAV, FLAC, ALAC, OGG, AAC, AMR, WMA, MP2, dan MP3.

Meski aplikasi ini gratis, para pengguna bisa bebas mendengarkan hingga mengunggah lagu sebanyak mungkin tanpa ada biaya tambahan.

5. TuneIn

TuneIn merupakan layanan streaming musik yang sekaligus menyiarkan berita radio, podcasts, hingga musik-musik terkini.

Selain menikmati lagu-lagu terbaik dari rekomendasi radio. Setiap pengguna tetap bisa membuat daftar lagu sendiri sesuai keinginan.

Aplikasi TuneIn tersedia di banyak perangkat, termasuk Android, iPad, iPhone, Apple Watch, Windows Mobile, Windows, TV, konsol game, speaker, dan banyak lagi.

6. YouTube Music

YouTube Music (YT Music) adalah layanan streaming musik yang dikembangkan oleh YouTube yaitu anak perusahaan dari Google.

Fitur premium YouTube Music dapat dinikmati oleh setiap pengguna secara gratis selama satu bulan.

Ada banyak akun-akun terverifikasi dari berbagai musisi dunia di YT Music, sehingga pengguna bisa langsung menikmati setiap lagu-lagu musisi favorit mereka.

7. Spinrilla

Bagi Anda penikmat musik-musik bergenre hip-hop, bisa download Spinrilla yaitu aplikasi terbaik untuk mixtapes hip-hop pertama di dunia.

Para pengguna dapat menggulir bolak-balik semua lagu kapan saja, sekaligus meninggalkan komentar di masing-masing trek dan membuat daftar lagu sesuai keinginan.

Saat ini aplikasi Spinrilla baru tersedia untuk pengguna Android dan iOS, sehingga hanya bisa download lewat Google Play Store dan App Store.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi pemutar musik terbaik 2022. Selain gratis, daftar lagunya juga sangat kekinian.

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia