Ilustrasi. Cara mengatasi situs yang tidak dapat dijangkau di peramban Google Chrome. (Foto: Startup Stock Photos)

Situs atau website adakalanya tidak bisa diakses. Ketika mengalami hal ini, pengguna internet akan mendapat pesan “This site can’t be reached” atau situs tidak dapat dijangkau.

Melansir Bantuan Google Chrome, setidaknya ada cara mudah untuk mengatasinya. Barangkali salah satu cara mengatasi situs yang tidak dapat dijangkau ini cocok untuk diterapkan di peramban Google Chrome.

Terdapat beragam penyebab situs yang tidak bisa dijangkau, mulai dari situs down, koneksi internet tidak stabil, sampai kesalahan dari browser dan perangkat yang digunakan.

Biasanya, situs yang tidak bisa dijangkau memiliki beberapa tanda. Salah satunya akses menuju situs berjalan lambat alias lemot.

Tanda lain berupa munculnya kalimat seperti maaf, error, 404 pages not found, sampai ‘Situs ini tidak dapat dijangkau Google Chrome’.

Berikut cara mengatasi situs tidak dapat dijangkau di PC, laptop, dan hp.

1. Muat ulang

Cara mengatasi situs tidak dapat dijangkau di Chrome PC yang paling standar adalah dengan memuat ulang atau menyegarkan (refresh) situs.

Caranya mudah, Anda hanya perlu klik alamat situs, kemudian klik Enter. Cara lain, bisa dengan klik simbol panah melingkar di kanan kolom pencarian alamat situs.

2. Periksa koneksi internet

Penyebab situs tidak dapat dijangkau bisa karena koneksi internet yang tidak mendukung. Mulai dari berjalan lambat atau lemot sampai terputus tiba-tiba tanpa pengguna sadari.

Jika hal ini terjadi, segera periksa koneksi internet Anda. Pastikan perangkat terhubung dengan WiFi atau jaringan internet kabel, begitu juga dengan paket data di hp. Kemudian, coba muat ulang situs yang hendak dibuka.

3. Hapus cache

Cara mengatasi situs yang tidak bisa dijangkau Android juga bisa dengan menghapus cache di browser yang digunakan. Caranya, buka aplikasi Chrome di hp.

Kemudian, klik simbol titik tiga dan klik ‘Setelan’. Lalu, klik ‘Privasi dan keamanan’ dan lanjutkan dengan ‘Hapus data penjelajahan’ dengan pilihan rentang waktu ‘Semua’ dan ‘Hapus data’.

Setelah itu, coba muat ulang situs yang hendak dibuka. Cara ini juga bisa digunakan untuk pengguna perangkat lain.

4. Tutup tab dan aplikasi lain

Cara mengatasi situs yang tidak dapat dijangkau berikutnya bisa dengan menutup tab yang tidak digunakan di browser di laptop atau komputer. Kemudian, tutup juga aplikasi lain yang tidak terpakai.

Hal ini untuk memberi penyegaran kepada sistem operasi browser maupun hp. Dengan begitu, kinerja keduanya bisa jadi lebih ringan dan cepat.

Lalu, coba muat ulang situs yang hendak dibuka. Cara ini juga bisa berlaku ketika tidak bisa membuka website tertentu di hp.

5. Pakai mode Incognito

Jika berbagai cara di atas belum berhasil, cobalah membuka situs dengan mode Incognito di browser Google Chrome. Caranya, buka browser Google Chrome.

Lalu, klik simbol titik tiga dan klik mode Incognito. Mode ini membuat pengguna bisa mengakses situs secara anonim dan tanpa terhubung dengan histori pencarian yang biasa digunakan.

6. Restart perangkat

Terkadang, situs tidak bisa dibuka karena RAM perangkat terlalu penuh untuk mengoperasikan aplikasi atau browser. Untuk itu, coba muat ulang (restart) perangkat Anda.

7. Update browser

Cara mengatasi situs yang tidak dapat dijangkau terakhir bisa dengan memperbaharui (update) versi browser yang digunakan di berbagai perangkat.

Biasanya, versi terbaru dari browser yang digunakan bisa menunjang kerja perangkat agar lebih cepat dan ringan, termasuk untuk membuka situs-situs tertentu.

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia