Ilustrasi. Cara mengatasi Instagram yang error di HP Android. (Foto: iStockphoto/grinvalds)

Pengguna Instagram di handphone (hp) bersistem Android terkadang mungkin mengalami aplikasi error atau tidak berjalan. Bahkan, terkadang aplikasi Instagram berhenti dan menutup sendiri.

Namun tak perlu khawatir, berikut cara mengatasi Instagram error di Android yang dirangkum dari Pusat Bantuan Instagram dan beberapa sumber lain.

Perlu diketahui, masalah Instagram error bisa terjadi karena berbagai alasan, misalnya koneksi internet yang tidak stabil dan aplikasi yang belum diperbaharui versinya.

Alasan Instagram error lainnya adalah cache yang menumpuk dan aplikasi yang memang sedang down. Berikut cara mengatasi Instagram tidak bisa dibuka.

1. Periksa koneksi internet

Hal utama yang perlu diperiksa ketika Instagram error yaitu koneksi internet. Sebab, hal ini kerap menjadi masalah utama, namun pengguna tidak menyadarinya.

Coba periksa apakah jaringan WiFi atau paket data berjalan dan stabil atau tidak. Caranya, bisa dengan mengetik kata apa saja di mesin pencarian Google atau browser.

Jika halaman dari kata yang dicari muncul, berarti koneksi internet ada. Jika tidak, berarti ada masalah di koneksi internet, sehingga aplikasi Instagram ikut error dan tidak bisa dibuka.

2. Restart hp

Jika koneksi internet lancar, namun Instagram tetap tidak bisa dibuka, coba muat ulang alias restart hp Anda. Proses ini akan memberi penyegaran terhadap proses pengoperasian aplikasi Instagram dan sistem hp.

Caranya, bisa dengan menekan tombol Restart di hp atau mematikan secara manual selama beberapa saat. Kemudian, nyalakan kembali dan buka aplikasi Instagram Anda.

3. Periksa username dan password

Cara mengatasi Instagram error tidak bisa login selanjutnya adalah dengan memeriksa username dan password yang digunakan. Pastikan, keduanya sudah benar.

Terkadang, aplikasi Instagram memang keluar sendiri, lalu pengguna mungkin salah memasukkan username dan password akun, sehingga tidak bisa dibuka. Maka dari itu, coba periksa keduanya.

4. Update Instagram

Cara mengatasi Instagram error di Android berikutnya adalah dengan memperbaharui versi aplikasi di hp Anda. Perlu diketahui, Instagram merekomendasikan pengguna untuk menggunakan aplikasi Instagram versi terbaru sejak Mei 2022.

Pasalnya, versi lama dari Instagram sudah tidak mendukung beberapa fitur dan pengoperasian aplikasi lagi. Maka dari itu, ketika Instagram error di hp Android Anda, coba langsung update aplikasi ke versi terbaru.

5. Hapus cache Instagram

Terkadang Instagram error dan tidak bisa dibuka karena cache dari aplikasi Instagram menumpuk. Maka dari itu, rutin hapus cache Instagram di hp.

Cara menghapus cache bisa dilakukan dengan membuka menu Pengaturan di hp. Lalu, klik menu Aplikasi dan pilih Instagram. Kemudian, Hapus Cache, setelah itu aplikasi biasanya berjalan lebih cepat.

6. Coba masuk dengan hp lain

Saat Instagram tidak bisa dibuka di hp Android, pengguna bisa coba membuka akun Instagram di hp lain. Misalnya, yang mengoperasikan sistem iOS.

Sebab, masalah Instagram error juga mungkin terjadi karena perangkat yang digunakan tidak kompatibel. Jika akun Instagram berhasil terbuka di hp lain, berarti kesalahan ada di sistem pengoperasian hp pengguna.

7. Periksa di situs Down Detector

Aplikasi Instagram terkadang tak bisa dibuka bukan karena error sepihak, namun memang sedang down di kawasan tertentu atau bahkan mendunia. Untuk memeriksa hal ini, Anda bisa mengakses situs down detector.

Jika Instagram memang sedang down secara global, maka wajar aplikasi tidak berjalan di hp Anda. Anda perlu menunggu selama beberapa saat sampai server aplikasi pulih.

8. Gunakan browser hp

Jika berbagai cara di atas belum ada yang berhasil, pengguna bisa menggunakan browser hp untuk membuka Instagram. Kemudian, masukkan username dan password seperti biasa.

Manajemen Instagram memungkinkan pengguna mengakses aplikasi mereka melalui browser hp. Begitu juga dengan browser di laptop. Sementara waktu, Anda bisa menggunakan opsi ini jika perlu buru-buru mengakses Instagram tetapi aplikasinya masih error.

9. Pakai Instagram Lite

Cara mengatasi Instagram error di Android yang terakhir adalah memakai aplikasi Instagram Lite. Kebetulan, Instagram membuat versi ini untuk para pengguna hp bersistem Android.

Instagram versi Lite menggunakan lebih sedikit data, sehingga membuat pengoperasian aplikasi jadi lebih ringan di hp. Pengguna hanya perlu mengunduhnya di Google Play Store, kemudian masuk ke akun Instagram Anda.

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia