Liverpool kalah dari Leeds United. (REUTERS/PHIL NOBLE)

Liverpool tumbang dengan skor 1-2 di hadapan Leeds United dalam laga Liga Inggris di Anfield, Minggu (30/10) dini hari WIB.

Leeds berhasil mencuri gol lebih dulu pada menit keempat memanfaatkan kesalahan lini belakang Liverpool. Umpan Joe Gomez yang tidak akurat plus Alisson Becker yang sempat kehilangan keseimbangan membuat bola diterima oleh Rodrigo Moreno di muka gawang yang kosong.

Moreno pun tanpa ampun melepaskan tembakan ke gawang kosong yang membuat Leeds memimpin 1-0 di awal laga.

Tak butuh waktu lama, Liverpool berhasil menyamakan kedudukan 10 menit kemudian. Mohamed Salah melakukan tendangan voli usai menerima umpan silang yang dilepaskan oleh Andy Robertson.

Kedua tim terus saling serang di sepanjang babak pertama namun skor imbang 1-1 bertahan hingga 45 menit pertama usai.

Di 15 menit pertama babak kedua, Liverpool tak jua berhasil menembus pertahanan Leeds. Hal ini yang mendorong Jurgen Klopp menurunkan Curtis Jones dan Jordan Henderson sebagai tenaga baru di lapangan.

Pada menit ke-61, Robertson melepaskan tembakan keras namun arahnya masih tepat ke Illan Meslier.

Enam menit berselang, Salah menyodorkan bola pada Darwin Nunez yang berdiri bebas. Namun tembakan Nunez bisa diblok oleh Meslier.

Meslier lagi-lagi melakukan penyelamatan gemilang atas tendangan Jordan Henderson di pinggir lapangan pada menit ke-69.

Di menit ke-74, Mohamed Salah melakukan aksi brilian dengan melewati dua pemain Leeds dan menerobos kotak penalti. Namun penyelesaian akhir Salah tidak akurat sehingga kedudukan tetap 1-1.

Meslier kembali menunjukkan aksi memukau di menit ke-79. Kali ini ia bisa menepis tendangan Darwin Nunez yang dilepaskan dari luar kotak penalti.

Meslier juga bisa menggagalkan peluang Liverpool di menit ke-82. Tendangan keras Firmino bisa jatuh tepat di pelukan.

Salah yang berpindah posisi ke kiri sempat berdiri bebas dan melepaskan tendangan namun lagi-lagi bisa digagalkan oleh Meslier.

Ujian untuk Meslier kembali datang di menit ke-88. Firmino berhasil menyundul bola dari jarak dekat tetapi peluang itu bisa dibendung oleh Meslier.

Terus menyerang, Liverpool malah kebobolan oleh serangan Leeds di menit ke-89. Bermula dari pergerakan Degnan Wilfried Gnonto, ia mengirim bola ke kotak penalti.

Patrick Bamford sempat menyentuh bola dan kemudian bola mengarah pada Crysencio Summerville. Summerville lalu melepaskan tembakan dari jarak dekat yang tidak bisa dihalau Alisson.

The Reds berusaha keras mengejar ketinggalan di sisa waktu yang ada tetapi skor 2-1 untuk Leeds bertahan hingga akhir pertandingan.

Susunan Pemain

Liverpool (4-3-1-2)

Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold (James Milner 79), Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Harvey Elliot (Curtis Jones 60), Fabinho (Jordan Henderson 61), Thiago Alcantara; Roberto Firmino; Mohamed Salah, Darwin Nunez

Leeds United (4-2-3-1)

Illan Meslier; Rasmus Kristensen, Robin Koch, Liam Cooper, Pascal Struijk; Tyler Adams, Marc Roca; Jack Harrison (Degnand Wilfried Gnonto 72), Brendan Aaronson, Crysencio Summerville (Luke Ayling 90); Rodrigo Moreno (Patrick Bamford 52)

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia