Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad ikut kirab bersama barisan pemuda dan pemudi menuju gedung daerah.

Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad resmi membuka Festival Sumpah Pemuda Kepri 2022 di Jalan Merdeka, Tanjungpinang, Sabtu (28/10/2022).

Menggunakan pakaian adat Melayu, Gubernur Ansar bersama jajaran Forkompinda Kepri dengan baju adat daerah lainnya dan barisan pemuda dan pemudi Kepri terlebih dahulu melakukan kirab pemuda dari gedung daerah.

Festival Sumpah Pemuda Kepri menjadi acara utama yang digagas Pemerintah Provinsi Kepri untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022.

Sebelum pembukaan festival, upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda juga dilaksanakan di Gedung Daerah, Tanjungpinang.

Ansar mengatakan, festival ini digelar untuk memperlihatkan bakat dan kemampuan pemuda dan pemudi Kepri.

Mengambil tema “Merdeka Berkreasi, Bersatu Bangun Bangsa”, Festival Sumpah Pemuda Kepri akan diisi dengan berbagai kegiatan dan perlombaan yang diikuti para pelajar di Kepri.

“Maka hari ini untuk semarakkan hari Sumpah Pemuda, kita akan tunjukkan bahwa pemuda Kepri juga bisa berkreasi dan punya banyak potensi yang membanggakan,” kata Ansar.

Festival Sumpah Pemuda Kepri 2022 akan diisi dengan berbagai perlombaan di sepanjang hari. Diantaranya adalah lomba mewarnai, lomba menggambar, kompetisi tiktok, dan kompetisi tarian modern.

Festival ini juga akan diisi berbagai penampilan seperti akustik, musikalisasi puisi, sampai atraksi marching band dari berbagai SMA di Tanjungpinang.

Tidak ketinggalan juga akan ada Kepri Young Carnaval, dimana para peserta karnaval akan memakai baju hias beraneka bentuk dan warna.

Bupati Bintan dua periode itu mengajak pemuda Kepri untuk terus bersemangat membuktikan diri dan mengembangkan seluruh potensi dalam diri pemuda.

Gubernur juga menekankan, masa depan bangsa Indonesia ada di pundak seluruh pemuda. Ketika tongkat estafet itu diberikan, para pemuda harus mampu membawa bangsa Indonesia dan Kepri khususnya menjadi lebih baik lagi.

“Jangan pernah minder karena kita tinggal di pulau-pulau, buktikan jika nanti akan ada banyak anak-anak muda Kepri yang mampu berkontribusi di kancah nasional,” ucap Gubernur.

Eks legislator Senayan itu menambahkan, masyarakat Kepri khususnya di Pulau Bintan harus berbondong-bondong menyaksikan dan memeriahkan Festival Sumpah Pemuda Kepri.

Sebab, tidak hanya ada Festival Sumpah Pemuda, masyarakat juga dapat menikmati hasil revitalisasi kota tua di Jalan Merdeka, Tanjungpinang, yang saat ini sudah jauh lebih elok dan nyaman dikunjungi dengan trotoar yang cantik dan kanopi di sepanjang ruko jalan Merdeka.

“Festival Sumpah Pemuda Kepri sengaja kita pusatkan di Jalan Merdeka, karena sekarang hasil revitalisasi kota tua Tanjungpinang sudah melihatkan hasil. Marilah bersama-sama kita nikmati indahnya jalan Merdeka sambil menonton Festival Sumpah Pemuda,” ujarnya.

Usai membuka Festival Sumpah Pemuda, Gubernur Ansar bersama Forkompinda Kepri lainnya berkeliling meninjau pameran foto pemuda Kepri sembari bercengkrama dengan anak-anak yang mengikuti lomba mewarnai dan lomba menggambar.

Festival Sumpah Pemuda Kepri sekaligus juga diisi dengan Bazar UMKM Kepri. Tampak Gubernur Ansar juga berkeliling meninjau satu persatu stand UMKM yang ada.

Menurutnya, UMKM harus dilibatkan dalam setiap kegiatan festival untuk membangkitkan kembali perekonomian Kepri.

Acara malam puncak Festival Sumpah Pemuda Kepri akan digelar esok malam dengan dimeriahkan penampilan artis ibukota, masyarakat pun diundang untuk menyaksikan malam puncak tersebut.

Editor: HER