Badan Pangan Singapura (SFA) kembali menarik mi instan produk Mie Sedaap asal Indonesia pada Sabtu (8/10/2022). Produk ini ditarik setelah ditemukan etilen oksida di dalamnya.

Kali ini, varian yang ditarik adalah Mie Sedaap rasa soto dengan kedaluwarsa 11 Desember 2022. Selain itu, ada Mie Sedaap kari ayam dengan kedaluwarsa 22 Februari 2023.

SFA mengatakan pihaknya akan melanjutkan pengujian pada produk mi instan dari Mie Sedaap lainnya. Mereka juga akan bekerja sama dengan importir dan otoritas Indonesia untuk menyelidiki serta memperbaiki penyebab kontaminasi etilen oksida.

SFA menegaskan jika pihaknya mendeteksi keberadaan pestisida di luar batas maksimum yang ditentukan, mereka akan menarik produk tersebut.

“Konsumen yang telah membeli produk yang terlibat disarankan untuk tidak mengkonsumsinya,” kata SFA yang dikutip dari Channel News Asia, Minggu (9/10/2022).

“Mereka yang telah mengkonsumsi produk yang terlibat dan memiliki kekhawatiran tentang kesehatan mereka harus berkonsultasi ke petugas medis. Konsumen dapat menghubungi tempat pembelian mereka untuk pertanyaan,” sambungnya.

Sebelumnya, Singapura telah menarik dua varian Mie Sedaap yakni Korean Spicy Soup dan Korean Spicy Chicken. Center for Foods Safety (CFS) Hong Kong juga melakukan penarikan serupa terkait etilen oksida.

Editor: HER

Sumber: detikfood